Teropong Bisnis | Homepage
Akhirnya Harga Emas Global Rebound

Akhirnya Harga Emas Global Rebound

🕔08.Nov 2013

Setelah mengalami penurunan terpanjang dalam 6 bulan terakhir, akhirnya harga emas global kembali menanjak. Sejak 6 bulan terakhir, harga emas memang menurun disebabkan oleh penurunan dollar. Selain itu, penurunan tersebut juga disebabkan oleh ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan memperpanjang stimulus moneternya.

Salah seorang pejabat senior dari pihak Federal Reserve menyatakan bahwa Bank Sentral AS harus memikirkan soal tapering. Hal ini terkait dengan kondisi ekonomi yang mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang lebih jelas. Tentunya, tapering harus dilakukan dengan searah dan perlahan-lahan. Beberapa pengamat pasar memprediksi bahwa The Fed akan berhasil menghentikan stimulus pembelian obligasi sebelum akhir tahun ini.

Prediksi ini didasarkan oleh laporan aktivitas manufaktur AS yang kuat. James Steel selaku Kepala Analis HSBC mengharapkan bahwa data ekonomi AS akan terus memiliki dampat outsized pada emas khususnya untuk jangka pendek. Hal ini mengingat string terbaru data tersebut yang memang lebih baik dari perkiraan.

Dengan begini, emas dapat meningkat menjadi USD 1.300 per troy ons menjelang payrolls. Kondisi ini membuat emas jenis Spot naik sebesar USD6.25 atau 0.5% menjadi USD1.317,24 per troy ons. Kondisi ini merupakan kondisi yang menggembirakan karena sebelumnya harga emas jenis ini merosot lebih dari 3% selama 7 sesi terakhir.

Penurunan ini juga menjadi rekor penurunan terpanjang sejak awal Mei yang lalu. Kabar menggembirakan ini juga berlaku untuk jenis emas berjangka AS dan Comex Gold. Sebagai contoh, untuk pengiriman emas bulan Desember mendatang, jumlahnya meningkat sebesar USD9.70 atau 0.7% menjadi USD1.317,24 per troy ons.

Volume perdagangan emas tersebut di bawah 50% dengan perdagangan harian pada kisaran 250. Di sisi lain, nilai tukar dollar anjlok terhadap euro. Anjloknya nilai tukar dollar terhadap euro ini dikarenakan data ekonomi Jerman yang lebih kuat. Hal ini memang di luar perkiraan. Selain itu, kondisi ini juga merupakan dampak dari investor yang lebih suka menunggu guna mengetahui kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh Bank Sentral Eropa atau ECB.

Jika dilihat dari angka memang harga emas global masih belum meningkat banyak. Secara detail, pergerakkannya berkisar antara USD1.305 per troy ons hingga USD1.322 per troy ons. Pergerakkan ini sangat dipengaruhi olehdata Bank Sentral Amerika. Ada dua data penting yang dijadikan patokan yang mempengaruhi harga emas global.

Pertama, data GDP Amerika Serikat per kuartalnya. Kedua, data klaim tunjangan pengangguran mingguan. Kedua data ini pula yang menentukan isu tapering. Jika data tersebut bagus maka nilai tukar dollar AS akan menguat tapi tentunya menekan harga emas global. Ini terkait dengan potensi tapering yang sangat besar.

Untuk kawasan Eropa, data keputusan kebijakan moneter Bank Sentral Inggris atau BoE dan Eropa atau ECB juga menentukan. Diprediksi, untuk kuartal ini, data tersebut tidak akan banyak berubah. Kepastian data tersebut masih menunggu konferensi pers dengan kepala ECB yaitu Mario Draghi.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke