Teropong Bisnis | Homepage
5 Negara dengan Perekonomian di Ujung Jurang

5 Negara dengan Perekonomian di Ujung Jurang

1 Comment 🕔28.Oct 2013

Saat ini, ada 5 negara yang dikategorikan mempunyai perekonomian di ujung jurang atau dapat dikatakan sangat rapuh. Dan, sayangnya, Indonesia adalah salah satu negara tersebut. Empat negara lainnya adalah Brasil, India, Turki dan Afrika Selatan. Hal ini disampaikan oleh pejabat senior Amerika Serikat (AS).

Salah satu penyebabnya adalah mereka merasa adanya ketidakpastian prospek masa depan dari negara-negara ini. Terdapat banyak penyebab masalah ini. Salah satu contohnya adalah pemilihan umum tahun depan yang terjadi di India.

Menurut Menteri Keuangan untuk International Finance AS, Charles Collyns, saat ini banyak negara yang tidak tahu apa yang akan terjadi pada pemilihan umum tersebut. Pemerintah yang baru pun juga masih menjadi misteri.

Memang, Collyns mengakui bahwa India adalah salah satu negara demokrasi terbesar. Banyak partai politik disana. Akan tetapi, banyak dari mereka yang membuat kebijakan sosial yang kurang positif. Dan, bila pun mereka terpilih dan meraih kursi terbanyak di Kongres, belum tentu partai yang terpilih akan mendapatkan kekuasaan yang menjadi hak mereka.

Selain itu, Collyns juga menyampaikan alasan lainnya. 5 negara dengan perekonomian di ujung jurang yang dia sebutkan juga memilik defisit neraca berjalan yang besar. Sebenarnya hal ini tidak akan menjadi masalah, bila mampu diatasi dengan jalan yang sesuai. Sayangnya, negara-negara tersebut ini masih menggunakan modal portofolio untuk menutupi defisit ini.

Adanya depresiasi tajam yang terjadi didalam nilai tukar mata uang negara-negara dengan perekonomian rapuh ini, juga menjadi salah satu alasan mengapa mereka sangat lemah. Collyns mengatakan, secara bertahap ditemukan adanya diskriminasi yang sangat jelas pada keadaan perekonomian negara-negara tersebut. Hal ini dapat disampaikan setelah dibandingkan dengan negara lainnya.

Collyns mengatakan, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat kebijakan yang kuat. Dengan demikian, maka pasar valuta asing negara-negara ini akan stabil.

Selain itu, Collyns juga menyarankan tiga negara, Brazil, India dan Indonesia untuk menaikkan kebijakan suku bunga mereka. Tapi, meningkatkan suku bunga saja tentunya tidak akan cukup. Diperlukan respons kebijakan yang lebih luas lagi untuk mengatasi masalah tersebut dan mengeluarkan negara-negara ini dari kategori perekonomian di ujung jurang ini.

Selain suku bunga, Collyns juga menyarankan beberapa kebijakan lain yang diperlukan oleh negara-negara ini. Contohnya, negara ini harus memperketat likuiditas. Pemerintah juga harus melakukan intervensi di pasar.

Untuk investor, pemerintah wajib menyediakan swap valuta asing. Selain itu, diperlukan perlindungan nilai terhadap resiko mata uang asing. Dengan demikian, maka setidaknya keadaan pasar akan stabil.

Pemerintah juga harus mendorong dan meningkatkan arus modal yang masuk. Perlindungan terhadap para investor ini juga perlu diberikan agar mampu memberikan kenyamanan bagi mereka saat menanamkan uang mereka.

4.5 Negara dengan Perekonomian di Ujung Jurang 3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

1 Comments

  1. 🕔 12:15, 28.Oct 2013

    waLnuT

    Hahaha ngeyel :)

    reply comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *