Teropong Bisnis | Homepage
2028, China Didepan AS Tepat Dibelakangnya

2028, China Didepan AS Tepat Dibelakangnya

0 Comments 🕔29.Dec 2013

Bila Anda harus menyebut negara adidaya atau negara maju atau negara dengan perekonomian terkuat, apa jawaban Anda? Pasti yang ada di pikian Anda pertama kali adalah Amerika Serikat (AS). Memang, negara ini menjadi negara dengan perekonomian yang terkuat saat ini. Meskipun sempat tergoncang dengan krisis 2008, akan tetapi, para ahli memperkirakan AS akan semakin menguat.

Akan tetapi, ada penantang baru yang menguntit di belakan AS. Penantang tersebut adalah China.

China saat ini menempati posisi kedua di bawah AS sebagai negara dengan perekonomian terkuat dan terbesar di dunia. Tetapi, ada prediksi yang menyebutkan bahwa China akan berhasil mengambil posisi pertama sebagai negara dengan perekonomian terkuat dan terbesar di dunia. Pertanyaan terpenting, kapan itu terjadi?

Prediksi ini dikeluarkan oleh Center for Economics and Business Research (CEBR). CEBR adalah lembaga konsultan ekonomi yang berada di London, Inggris. Menurut mereka, China akan berhasi menjadi nomor satu pada tahun 2028.

Memang, bila Anda melihat pertumbuhan ekonomi di China saat ini, Anda dapat menemukan hal yang luar biasa. Akan tetapi, menurut CEBR, pertumbuhan ekonomi China ini akan melambat, sehingga peluang mereka untuk menggeser AS sangatlah kecil.

Di lain sisi, Amerika Serikat diperkirakan akan semakin menguat setelah berhasil melalui krisis ekonomi tahun 2008 yang lalu. Dan hal ini akan berlanjut selama beberapa tahun ke depan.

ekonomi dunia

Menurut CEBR, bila perlambatan China ini bukan menjadi titik dimana pertumbuhan China akan berhenti tanpa berhasil mengungguli AS. Akan tetapi, prediksi analis CEBR tentang berhasilnya China mengambil tampuk pimpinan perekonomian dunia dari AS pada 2028 masih tetap. Dan bila ini terjadi, maka akan terjadi satu pengalihan pusat ekonomi dunia yang pertama kali sejak 1890.

Para analis di CEBR juga memprediksi pertumbuhan PDB China yang akan melaju pesat pada tahun 2029. Pada tahun ini, PDB China mencapai US$ 8,939 triliun. Dan, diperkirakan pada tahun 2028 saat China diprediksi mengambil posisi AS, PDB mereka akan mencapai US$ 33,513 triliun.

Selain pertumbuhan China, CEBR juga merilis beberapa prediksi mereka tentang beberapa negara yang perlu dicermati pada tahun 2028. Menurut CEBR, India akan menjadi posisi ketiga negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2028 menggeser Jepang.

Jepang diprediksi akan mengalami penurunan. Hal ini juga tampak pada tahun ini dimana nilai tukar Yen terhadap dollar AS menurun sebesar 20%. Hal ini dapat dikatakan menjadi tanda menurunnya perekonomian Jepang.

Di Eropa, diprediksi pada 2030, Inggris akan menjadi raja disana, menggeser Perancis dan Jerman. Sedangkan Brasil, tahun 2023 akan menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar. Hal ini didukung dengan sektor agrikultur Brasil yang semakin menguat.

ekonomi dunia

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *