Teropong Bisnis | Homepage
2014 Adalah Tahun Investasi Tunai

2014 Adalah Tahun Investasi Tunai

0 Comments 🕔09.Jan 2014

Anda ingin berinvestasi? Bila ya, maka akan ada banyak pilihan investasi yang dapat Anda coba, seperti saham atau investasi tunai.

Saham dikatakan investasi yang paling beresiko. Tetapi, perlu diketahui, saham juga menjanjikan keuntungan yang bahkan dapat mencapai 6000%. Akan tetapi, untuk saat ini, saham dinilai sebagai jenis investasi yang tidak terlalu tepat untuk Anda. Mengapa?

Melihat dari kondisi dan pergerakan pasar saham sampai awal 2014 ini, dapat disimpulkan bahwa tiitik balik besar pasar uang dunia belum tercapai. Artinya, pasar saham tidak dapat memberikan keuntungan sesuai yang ditargetkan. Oleh karena itu, ada baiknya, bila Anda mempertimbangkan kembali sebelum Anda menanamkan uang Anda di pasar saham untuk tahun ini.

Dilansir dari Money.CNN.com, pergerakan pasar saham saat ini tidak dapat dikatakan memuaskan. Target naiknya nilai saham sebesar 150% setiap lima tahun tidak dapat terealisasi. Dan, meskipun ada kenaikan suku bunga pinjaman, harga surat berharga pun tampaknya tetap dan tidak terlalu berpengaruh.

Bisa disimpulkan, saham dan surat berharga saat ini menjadi salah satu investasi yang menjanjikan keuntungan yang rendah tetapi resikonya menjadi jauh lebih tinggi.  Bila Anda ingin berinvestasi, maka Anda harus memperhatikan hal ini. Dan hal ini berlaku untuk semua investor, baik investor besar maupun kecil.

Pertanyaan yang timbul sekarang adalah investasi apa yang terbaik yang sesuai dengan kondisi perekonomian saat ini? Jawabannya adalah investasi tunai.

investasi tunai, jenis investasi, bisnis, info saham,

Kondisi ekonomi dunia saat ini sangat dinamis dan belum pulih sepenuhnya dari krisis 2008. Jadi, ada kemungkinan sangat besar, investasi Anda yang sebelumnya sangat menguntungkan akan menjadi berpotensi merugikan Anda. Untuk itu, akan lebih baik, bila Anda memperbanyak porsi investasi tunai (cash).

Contohnya, bila Anda akan pensiun beberapa saat lagi, akan lebih baik memperbanyak investasi jenis ini. Dengan cara ini, Anda dapat mencegah dampak volatilitas pasar finansial terhadap kondisi keuangan Anda. Selain itu, cara ini juga menjadi sangat diperlukan untuk mengamankan aset berharga yang Anda punya.

Menurut CNN Money, kebijakan Federal Reserve juga menjadi salah satu alasan yang menyebabkan turunnya nilai surat berharga. Anda juga diharuskan menghindari saham-saham dan sekuritas ‘sampah’ seperti yang dikatakan oleh banyak ahli keuangan. Dan yang paling penting, jangan terlalu banyak berhutang. Kondisi saat ini akan memperburuk hal ini yang menyebabkan masalah baru untuk Anda.

Menurut sejarawan pasar dan editor newsletter “InvesTech Research” James Stack, tidak ada salahnya menarik 10% dari aset Anda dan menyimpannya dalam bentuk tunai. Hal ini akan sangat berguna bagi Anda yang akan pensiun atau sudah pensiun saat ini.

Akan tetapi, bila Anda masih muda dan belum mendekati pensiun, investasi tunai juga dapat Anda lakukan. Tapi, Anda juga dapat mencoba berinvestasi di saham saat harga saham turun drastis.

investasi tunai, jenis investasi, bisnis, info saham,

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *