Teropong Bisnis | Homepage
10 Negara dengan Rasio Utang Terbesar

10 Negara dengan Rasio Utang Terbesar

0 Comments 🕔29.Sep 2013

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa Indonesia mempunyai utang luar negeri yang besar. Memang benar. Akan tetapi, ada banyak negara lain yang juga mempunyai masalah yang sama.

Yang lebih mengherankan lagi, banyak dari negara yang mempunyai rasio utang yang tinggi ternyata negara yang bisa digolongkan sebagai negara yang maju. Mungkin anda berpikir bahwa negara-negara ini tidak mungkin mempunyai masalah utang seperti Indonesia. Tapi, kenyataannya 10 negara berikut ini lain dengan yang anda pikirkan.

10 negara dengan rasio utang terbesar ini dilansir oleh The Richest.

1.     Jepang

Negara ini bisa dikatakan sebagai salah satu negara kuat didunia dan Asia. Mempunyai 6.852 pulau dan penduduk yang mencapai 126.659.683 jiwa, ternyata Jepang mempunyai rasio utang yang sangat tinggi. Bila dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) negara Jepang, besar rasio utang negara ini mencapai 225,8%.

Masalah ini mulai terjadi sejak tahun 1990 saat  muncul persoalan perumahan. Meskipun Jepang memiliki anggaran US$1 triliun, tapi gempa bumi dan tsunami menghabiskannya.

2.     St Kitts dan Nevis

Mungkin kita tidak tahu negara ini. Tapi, negara ini memang ada dan terletak di Lautan Karibia. Populasinya hanya 51.300 jiwa dan bergantung pada pariwisata.

Masalah utang terjadi akibat gagalnya investasi dari investor luar. Rasio utang negara ini mencapai 196%.

3.     Libanon

Rasio utang negara ini mencapai 150,7% dan diakibatkan adanya kerusuhan di negara ini. Oleh karena itu, negara berpenduduk 4.224.000 jiwa ini menggunakan setengah pendapatan negara untuk membayar hutang.

4.     Zimbabwe

IMF melaporkan bahwa negara berpenduduk 12.619.600 jiwa ini berada dibawah tekanan utang. Rasio utangnya adalah 149%. Yang menarik, masalah ini diakibatkan oleh presiden negara ini, Robert Mugabe yang suka menghambur-hamburkan uang.

5.     Yunani

Rasio utang negara ini mencapai 144%. Meskipun negara ini berusaha untuk menyelesaikan masalah utang ini, tapi mengakibatkan gangguan rating kredit negara ini. Meskipun begitu, IMF yakin negara berpenduduk 11 juta jiwa ini mampu mengatasi masalah ini.

6.     Islandia

Penduduk Islandia hanya 321.857 jiwa dan yang lebih mengherankan, mereka mendapatkan jaminan kesehatan gratis. Akan tetapi, jumlah rasio utang sebesar 123,8% dari PDB membuat negara ini harus membuat keputusan ekonomi lebih besar untuk memecahkan masalah ini.

7.     Jamaika

Rasio utang negara ini mencapai 123,2% yang sebagian besar datang dari penduduk negara ini yang berjumlah 2.889.187. Dari 1996 sampai 2003, rasio utang negara ini terus meningkat karena ada kemerosotan sektor keuangan dan pertanian.

8.     Italia

Rasio utang Italian mencapai 118,1%. Meskipun Italian memiliki cadangan emas terbanyak ketiga didunia, tetapi, tetap saja, utang ini menjadi salah satu masalah bagi negara ini.

9.     Singapura

Rasio utang Singapura yang mencapai 102,1% diakibatkan oleh penurunan ekonomi. Negara yang berpenduduk 5.312.400 ini mendapatkan sumbangan cukup besar dari sektor manufaktur sebesar 26%.

10.  Belgia

Negara yang satu ini memiliki rasio utang sebesar 141% yang disebabkan oleh keadaan politik negara ini.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *