Teropong Bisnis | Homepage
0,26%, Tanda Kembali Merangkak Naiknya Inflasi Indonesia?

0,26%, Tanda Kembali Merangkak Naiknya Inflasi Indonesia?

0 Comments 🕔04.Mar 2014

Mungkin banyak dari kita yang belum dapat melupakan mimpi buruk perekonomian Indonesia tahun lalu. Dan memang, tahun lalu dapat dikatakan sebagai tahun kelam perekonomian Indonesia. Salah satu penyebab memburuknya perekonomian Indonesia tahun lalu adalah tingkat inflasi yang tinggi. Sebagian besar, hal ini disebabkan oleh tingginya impor sektor migas.

Akan tetapi, akhir tahun lalu, tingkat inflasi Indonesia menurun. Kondisi ini menyebabkan meningkatnya nilai Rupiah. Selain itu, perekonomian Indonesia juga pulih dan berjalan ke arah yang lebih baik.

Namun, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis informasi terbaru tentang tingkat inflasi Indonesia pada bulan Februari 2014. Hasilnya cukup mencengangkan. Tercatat, inflasi Indonesia bulan Februari 2014 cukup tinggi.

Level yang tercatat untuk inflasi bulan Februari 2014 adalah 0,26 persen. Memang, tidak setinggi inflasi tahun lalu, tetapi, data yang tercatat ini lebih besar dari apa yang biasa terjadi. Sedangkan inflais tahun kalender mencapai 1,33 persen. Dengan data ini, dapat dihitung, bahwa secara year on year, inflasi Indonesia sampai bulan ini mencapai 7,75 persen.

naiknya inflasi, ekonomi, inflasi indonesia, inflasi merangkak, inflasi

Menurut Deputi Statistik Produksi BPS Adi Lumaksono, inflasi yang tercatat untuk bulan Februari 2014 cukup besar. Hal ini tampak dari besar inflais komponen inti yang mencapai 0,37 persen. Hal ini cukup besar, bila dibandingkan dengan inflasi inti dari tahun ke tahun yang mencapai 4,57 persen.

Selain itu, Adi juga mengatakan bahwa inflasi Indonesia juga dipengaruhi oleh tingkat inflasi di 82 kota Indeks Harga Konsumen (IHK). Sebagian besar kota-kota ini mengalami peningkatan inflasi. Dari 82 kota tersebut, 55 diantaranya mengalami inflasi. Sedangkan 27 sisanya mengalami deflasi.

Menurut data BPS, inflasi yang tertinggi terjadi di kota Pontianak dengan besar 2,73 persen. Hal ini disebabkan oleh adanya perayaan Cap Go Meh yang mempengaruhi sektor transportasi udara. Sedangkan kota dengan inflasi terendah adalah Bandar Lampung dan Probolinggo. Kedua kota ini mencatakan inflasi sebesar 0,2 persen.

Untuk kota yang mencatatkan deflasi terbesar adalah Sibolga. Kota ini mengalami deflasi yang mencapai -2,44 persen.

Inflasi yang cukup besar bulan Februari yang lalu disebabkan oleh beberapa sektor. Yang menjadi penyumbang paling besar adalah sektor makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau. Sektor-sektor ini menyumbang angka sebesar 0,07 persen. Sedangkan sektor kesehatan menjadi yang terendah.

Untuk kelompok pengeluaran Februarai 2014, sektor yang menjadi penyumbang terbesar adalah sandang. Besar angka pengeluaran untuk sektor sandang adalah 0,57 persen. Sedangkan penyumbang terendah adalah transportasi, komunikasi dan jasa keuangan, yang hanya sebesar 0,15 persen.

Andi mengatakan, komponen inti juga menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam tingkat inflasi Indonesia awal tahun ini, dengan 0,26 persen. Pemerintah sudah mengatasi hal ini dengan menetapkan harga dari tahun ke tahun yaitu 17,57 persen.

naiknya inflasi, ekonomi, inflasi indonesia, inflasi merangkak, inflasi

BACA JUGA:

Kondisi Laba Bersih Industri Perbankan Saat Ini

Nilai Kapitalisasi Melejit, BRI Berada Di Peringkat 6 ASEAN

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *