Teropong Bisnis | Homepage
Ancaman Krisis Ekonomi Di AS

Ancaman Krisis Ekonomi Di AS

0 Comments 🕔27.Feb 2014

Kondisi perekonomian Amerika Serikat di awal tahun 2014 ini bisa dibilang sedang tidak terlalu baik. Harga saham-saham yang jatuh dan serangan krisis ekonomi kemungkinan bisa terjadi dan akan melanda sendi-sendi perekonomian Negeri Paman Sam ini. Pernyataan Bank Sentral Amerika Serikat tentang upaya pemulihan ekonomi di Amerika Serikat nampaknya hingga kini belum membuahkan hasil.  Brian Stutland  selaku salah satu petinggi Stutland Volatility Group membenarkan bahwa kondisi perekonomian AS menyedihkan meski tak terlihat secara jelas. Melejitnya indeks saham hanyalah sementara saja.

Salah satu indikator memburuknya kondisi perekonomian AS adalah merosotnya jumlah penjualan rumah di tahun 2014 ini. Dari bulan Januari hingga akhir bulan Februari ini data penjualan rumah benar-benar kosong alias nihil. Kemudian dari pasar bursa efek Amerika, Bank Sentral AS biro Philadhelpia turun hingga ke angka 7.3 persen. Manufaktur Empire State juga sama anjloknya seperti manufaktur dari Bank Sentral AS biro Philadelpia. Manufaktur Empire State ini anjlok sekitar 0,4 persen. Memburuknya indeks sejumlah manufaktur di Amerika Serikat kabarnya disebabkan oleh cuaca buruk yang akhir-akhir ini sedang melanda Amerika Serikat. Cuaca buruk berpengaruh pada aktivitas ekonomi. Aktivitas ekonomi terganggu akibat cuaca buruk. Namun seorang analis yang bernama Peter Boockvar mengatakan bahwa cuaca buruk bukanlah alasan utama. Buktinya ada beberapa perusahaan yang justru indeksnya melonjak. Sebut saja indeks S&P yang mencapai titik tertinggi yaitu1.848, 38 poin. Demikian juga dengan indeks Dow Jones yang terus naik menjadi 16.283,21 poin. Poin ini naik 179,91 poin. Jumlah poin ini bisa dikatakan ‘menggelembung’.

krisis ekonomi, AS, bisnis, the fed, ekonomi

Tapi tetap saja kenaikan indeks saham dua perusahaan besar Amerika Serikat ini bukanlah suatu patokan. Sebagian pengamat dan pakar ekonomi sepakat bahwa Amerika Serikat sat ini sedang menjalani masa pemulihan ekonomi sebagai bentuk antisipasi krisis ekonomi. Namun sebagiannya lagi mengatakan bahwa  pemulihan ekonomi di AS masih diragukan. Setengah pakar dan pengamat ekonomi yang tergabung dalam National Association for Business Economics/ NABE bahkan meminta Bank Sentral AS untuk tetap memberikan stimulus ekonomi agar kondisi perekonomian AS bisa membaik.

Sayangnya krisis keuangan semakin menguat dan semakin dirasakan oleh masyarakat AS. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah indeks sejenak akan terhenti? Nick Sargen selaku pakar investasi salah satu perusahaan besar di AS mengatakan bahwa dirinya sangat optimis tapi juga tidak terus gegabah. Ada sebuah prediksi ekstrem yang memperkirakan bahwa indeks akan kemungkinan besar akan anjlok hingga 50 persen. Jika prediksi ini benar-benar terjadi, tentu masyarakat AS secara umum tidak akan terkejut. Prediksi ini dikatakan oleh Mark Spitznagel, seorang manajer dari Hedge Fund. Beliau sangat terkenal karena keakuratan prediksinya. Krisis ekonomi bisa saja terjadi kapanpun, tambahnya.

krisis ekonomi, AS, bisnis, the fed, ekonomi

BACA JUGA:

Nilai Kapitalisasi Melejit, BRI Berada Di Peringkat 6 ASEAN

Kita Siap Menghadapi Kebijakan The Fed

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *