Teropong Bisnis | Homepage
Alasan Penutupan Sumur Minyak Milik PT Medco Energi International Tbk

Alasan Penutupan Sumur Minyak Milik PT Medco Energi International Tbk

0 Comments 🕔27.Jun 2014

Tahun ini, produksi energi Indonesia dinilai tidak maksimal. Hal ini dikarenakan banyaknya masalah sosial yang berimbas pada kegiatan operasional produksi minyak dan gas. Parahnya lagi, masalah sosial tersebut memaksa pihak PT Medco Energi International Tbk  atau MEDC untuk menutup sumur minyak miliknya.

Lalu, bagaimana tanggapan Presiden Direktur PT. Medco Energi Internasional Tbk. terkait dengan penutupan sumur minyak tersebut? Selaku Presiden Direktur, Lukman Mahfoedz menanggapi dengan santai namun serius.

Menurutnya, masalah sosial semacam ini memang akan mengganggu bisnis migas. Pihaknya, harus berupaya keras untuk menghasilkan energi semaksimal mungkin untuk menggantikan impor. Namun, dirinya menambahkan bahwa untuk mengatasi permasalahan sosial ini diperlukan kerjasama berbagai pihak.

Dalam hal ini dibutuhkan pula peran serta pemerintah daerah hingga aparat keamanan. Lukman menyatakan bahwa penyelesaian masalah secara bersama-sama tersebut dikarenakan produksi minyak bukan hanya menyangkut kepentingan perusahaan saja.

Lebih dari itu, produksi minyak juga menyangkut kepentingan masyarakat. Secara detail dirinya memaparkan bahwa 70% hingga 80% minyak dan gas yang dihasilkan dari sumur tersebut adalah milik masyarakat Indonesia.

Lukman juga memberikan komentarnya terkait dengan investasi di sektor hulu migas. Menurutnya, harus dilakukan penyederhanaan regulasi terlebih dahulu agar investor tertarik untuk menanamkan modalnya.

Selain menyederhanakan regulasi perlu dilakukan pula perbaikan dan pengembangan infrastruktur. Faktanya, Indonesia masih dipandang sebagai negara yang menarik untuk dijadikan tempat berinvestasi hanya saja peraturan harus lebih dipermudah lagi.

Pada tahun 2014 ini, manajemen PT Medco Energi International Tbk telah menyiapkan belanja modal hingga mencapai US$441 juta atau sekitar Rp. 5.09 triliun. Nantinya, dana belanja modal yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk pengembangan proyek baru.

Dana itu sendiri didapat dari dana internal perseroan. Walaupun sumur harus ditutup namun Lukman menuturkan bahwa dana belanja modal sudah cukup. Selain itu, terdapat wacana dari pihak pemerintah untuk memberikan pengelolaan sumur tua dengan produktivitas rendah kepada pihak koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Wacana ini sendiri diusulkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Syarif Hasan. Menurutnya, sumur tua dengan produktivitas rendah tersebut memang sudah tidak efektif bagi perusahaan besar namun akan sangat menguntungkan bagi pihak koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Hal ini cukup beralasan karena pada tahun 2013 saja, perusahaan migas seperti PT Medco Energi International Tbk berhasil membagikan deviden sekitar US$5.03 dari laba bersih yang mencapai US$12.6 juta.

Dengan data hasil tersebut penutupan sumur tua milik PT Medco Energi International Tbk akan memberikan pengaruh namun tidak akan mempengaruhi secara signifikan. Tentu saja, apa yang diungkapkan oleh Presiden Direkturnya layak untuk dijadikan bahan wacana agar ke depan investor semakin tertarik untuk berinvestasi di sektor migas di Indonesia.

Oil Pumps

BACA JUGA:

PT Eastspring Pasarkan Reksadana Lewat Commonwealth

Pangkas Anggaran Negara, Pemerintah Dinilai Salah Ambil Tindakan

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *