Teropong Bisnis | Homepage
Alasan Mengapa RI Kalah dari Singapura Soal Ekspor

Alasan Mengapa RI Kalah dari Singapura Soal Ekspor

0 Comments 🕔20.Aug 2013

Negara kita ini sebenarnya adalah Negara yang kaya akan hasil bumi. Tanah kita melimpah dan kekayaan alam serta lautnya juga sangat melimpah, namun kenapa kita masih mengimpor banyak barang dari luar negeri? Produksi garam tentu saja bisa dilakukan sendiri di tanah air, namun kita sendiri tahu kalau Indonesia masih mengimpor garam dari luar negeri.

Bahkan berita yang sungguh membuat miris adalah berita tentang ekspor kita yang jauh lebih kecil ketimbang Singapura. Kita tahu kalau Singapura itu adalah Negara yang sangat kecil dan bahkan tanah disana itu juga telah disulap menjadi perkantoran dan gedung bertingkat, namun kenapa ekspor di Negara itu jauh lebih besar ketimbang Indonesia? Menurut Menteri BUMN, Dahlan Iskan, Indonesia memang kalah jauh dengan Singapura dalam hal ekspor karena memang masalahnya sangat banyak. Apa saja masalah itu?

Alasan-Mengapa-RI-Kalah-dari-Singapura-Soal-Ekspor-1

Akses Transportasi dan Lokasi Ekspor

Menurut Dahlan, Indonesia memang masih kalah jauh dengan Singapura karena saat ini Indonesia masih mengalami masalah yakni sulitnya transportasi dan akses ke lokasi ekspor. Saat ini, banyak sekali barang yang memang harus melewati Singapura terlebih dahulu baru masuk ke Indonesia. Ini dia yang membuat angka ekspor dari Singapura itu sangat tinggi.

Jadi semua barang yang akan diekspor memang harus melalui Singapura dahulu. Kenapa hal ini bisa terjadi? Alasannya yang sangat mudah, ternyata karena pelabuhan yang ada di Indonesia itu tidak bisa menampung beberapa barang yang sudah siap buat diekspor. Indonesia hanya mempunyai pelabuhan yang kecil dan di era sekarang ini semua kapal yang bersandar itu hanya kapal-kapal besar.

Ini membuat Indonesia kesulitan untuk ekspor. Indonesia harus mengirimkan ke Singapura dulu baru kemudian ke beberapa Negara tujuan. Tentu saja masalah seperti ini akan sangat mudah diselesaikan dan dicarikan solusi.

Solusi Sulitnya Transportasi

Kalau kita sudah mengetahui masalahnya, pemerintah sebenarnya harus bisa memberikan solusi. Pelabuhan-pelabuhan harus ditambah kapasitasnya agar memang bisa menampung semua barang yang akan diekspor. Selain itu buatlah pelabuhan yang besar. Saat ini di Jakarta sendiri memang sedang dibangun sebuah pelabuhan baru.

Akhir tahun ini, pelabuhan akan direncanakan bisa digunakan. Jika memang pelabuhan itu sudah bisa digunakan, artinya Indonesia tidak lagi perlu ke Singapura untuk ekspor barang. Saat ini saja total ekspor di Singapura sekitar S$ 510,33 miliar sedangkan ekspor Indonesia sendiri US$ 190,04 miliar. Pemerintah sebenarnya harus tanggap. Kalau sudah tahu masalahnya, segera dicari solusi dan bukannya hanya membiarkan masalah ini semakin lama semakin berkembang dan akhirnya akan mempengaruhi perekonomian Indonesia sendiri.

Banyak hasil dari Indonesia yang memang bisa ekspor. Ini sangat berpotensi memberikan devisa Negara. Kita harus mengejar ketertinggalan dengan Singapura dan semoga tahun depan memang pelabuhan besar sudah bisa digunakan sehingga ekspor sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Alasan-Mengapa-RI-Kalah-dari-Singapura-Soal-Ekspor-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *