Teropong Bisnis | Homepage
Aksi Menkeu Atasi Perlambatan Ekonomi Nasional

Aksi Menkeu Atasi Perlambatan Ekonomi Nasional

0 Comments 🕔10.Jul 2013

Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini memang sedang gencar-gencarnya. Setelah berhasil menjadi salah satu negara yang terbebas dari dampak krisis ekonomi global pada tahun 2008—2010, kini Indonesia dihadapkan pada tantangan ekonomi yang baru. Pada tahun 2013 ini, pemerintah memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan berada pada kisaran 6,1 persen. Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik pada periode yang sama di tahun 2012, yaitu 6,3 persen. Ini menunjukkan bahwa Indonesia saat ini sedang mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Faktor Utama Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Perlambatan pertumbuhan ekonomi ini tentu saja menjadi perhatian bagi Menteri Keuangan, Chatib Basri. Basri mengatakan bahwa perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional ini terjadi karena adanya faktor melambatnya impor berupa barang modal luar negeri yang berdampak pada sektor investasi secara nasional. Perlambatan impor barang modal ini secara langsung akan berpengaruh atau berimbas pada pertumbuhan ekonomi nasional karena sektor investasi juga akan turut terpengaruh seiring dengan menurunnya geliat ekonomi yang bergantung pada impor barang modal. Meskipun demikian, Basri akan tetap berusaha untuk mencapai target APBNP walalupun target ini jika dilihat-lihat bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Menkeu menuturkan bahwa dirinya bersama segenap jajaran stafnya akan melakukan berbagai langkah untuk mencapai target APBNP tahun depan.

Aksi-Menkeu-Atasi-Perlambatan-Ekonomi-Nasional-3

Menkeu juga menambahkan bahwa perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional di Indonesia juga akan terjadi pada semester pertama tahun 2013 ini. Hal ini sesuai dengan prediksi Bank Indonesia (BI) yang sempat menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini hanya akan berkisar antara 5,8 hingga 6,2 persen saja. Sementara itu, di lain pihak, Bank Dunia juga memperkirakan hal yang senada. Bank Dunia memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2013 ini akan sebesar 5,9 persen. Jika dilihat, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2013 ini akan melambat. Hal ini juga sudah sesuai dengan perkiraan BI dan Bank Dunia. Hal ini membuat Menkeu melakukan berbagai langkah untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi 6,3 persen dengan melakukan berbagai langkah.

3 Langkah Menkeu

Langkah pertama yang akan dilakukannya adalah memperbaiki sektor investasi. Dirinya bersama jajaran stafnya akan menyederhanakan prosedur investasi agar tidak membuat para investor kerepotan jika ingin menanamkan modalnya di Indonesia.

Langkah kedua, dirinya akan melakukan percepatan dalam sektor penyerapan anggaran dengan simplikasi berbagai prosedur yang diharapkan akan memacu aktivitas belanja pemerintah.

Langkah ketiga, Menkeu akan melakukan kerjasama yang akan melibatkan kementrian atau lembaga lainnya dengan tujuan untuk menciptakan kesepahaman mengenai administrasi pencairan anggaran.

Ketiga langkah tersebut merupakan tiga jurus jitu Menkeu untuk menanggulangi perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional agar tidak terlalu buruk. Di semester pertama ini, perlambatan pertumbuhan sudah menembus 6 persen dan diharapkan akan berubah di semester kedua. Cara-cara tersebut diharapkan dapat mengendalikan inflasi, khususnya setelah lebaran dan memperbaiki konsumsi rumah tangga saat akan mendekati pemilu.

Aksi-Menkeu-Atasi-Perlambatan-Ekonomi-Nasional-4

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *