Teropong Bisnis | Homepage
Akibat Anomali Cuaca, Harga Cabai Naik

Akibat Anomali Cuaca, Harga Cabai Naik

0 Comments 🕔05.Jul 2013

Akibat-Anomali-Cuaca-Harga-Cabai-Naik-2

Anomali cuaca menjadi alasan utama mengapa banyak para pedagang menaikan harga cabai. Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi juga menyatakan bahwa harga cabai saat ini ditemukan kian melonjak. Setelah diusut lebih lanjut ternyata kenaikan harga ini dikarenakan adanya anomali cuaca yang sedang ada saat ini. Peningkatan terhadap permintaan cabai dari masyarakat yang makin lama makin tinggi juga menjadi alasan mengapa harga cabai menjadi makin melonjak. Beliau juga menambahkan  bahwa siklus cuaca yang ada saat ini mengganggu panen para petani cabai sehingga mereka tidak bisa memperoleh hasil yang maksimal. Sementara cabai yang hasilnya kurang maksimal tersebut juga diikuti oleh permintaan masyarakat terhadap cabai yang semakin tinggi. Hasilnya pun terjadi inflasi yakni kenaikan harga cabai yang terjadi sejak pekan ini.

Hasil Data Mengenai Kenaikan Harga Cabai Pulau Jawa

Bayu mengungkapkan hal tersebut saat diadakan Konvrensi Pers di kantornya, di Jakarta. Dari hasil data yang dikeluarkan oleh Kementrian Perdagangan, harga cabai merah keriting saat ini tengah mengalami perlonjakan di Pasar Jakarta. Ini sudah mulai terjadi sejak hari senin lalu dan masih bertahan hingga sekarang. Harga cabai untuk satu kilogramnya saat ini tengah mencapai 31.800 Rupiah pada hari senin, selanjutnya di hari selasa harga cabai meningkat lagi menjadi 33.000 Rupiah. Kenaikan harga cabai ini tentu saja mencemaskan para konsumen. Mereka sebenarnya ingin memperoleh cabai dengan harga yang lebih terjangkau namun agaknya saat ini hal tersebut tidak mudah untuk dicapai.

Akibat-Anomali-Cuaca-Harga-Cabai-Naik-5

Cabai merah biasa juga mengalami pelonjakan harga, bahkan harga untuk satu kilogramnya meningkat hingga 31.200 Rupiah menjadi 32.000 Rupiah. Kenaikan juga dialami oleh Cabai Rawit Merah yang melonjak dengan harga 51.400 Rupiah menjadi 54.400 Rupiah. Pelonjakan harga ini juga membuat daya beli pelanggan terhadap cabai makin turun. Namun para pedagang juga tidak mempunyai pilihan lain. Saat kulakan mereka juga harus membeli cabai dengan harga yang mahal pula akibat siklus cuaca yang mengganggu aktivitas para petani tersebut. Jika hal ini terus berlanjut maka kemungkinan besar harga cabai akan kian naik dan naik. Sementara itu di kota Bandung harga dari ketiga jenis Cabai tersebut masih stabil.

Harga Cabai Masih Stabil di Kota Tertentu

Harga yang stabil untuk cabai merah keriting masih berada di angka 34.600 untuk satu kilogramnya. Sementara itu untuk cabai merah biasa harganya masih 59.400 per kilogramnya. Yang terakhir untuk cabai merah juga stabil dengan harga 59.400 untuk satu kilogramnya. Di semarang sendiri harga cabai merah keriting juga mengalami kenaikan yakni 24.400 per kilogramnya menjadi 25.200 Rupiah. Dari sini bisa disimpulkan bahwa kenaikan harga yang terjadi saat ini ternyata berbeda di masing-masing kota di Indonesia. Perbedaan harga yang ada tersebut juga terjadi karena beragam alasan.

Akibat-Anomali-Cuaca-Harga-Cabai-Naik-6

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *