Teropong Bisnis | Homepage
6 Aturan Pajak Terbaru

6 Aturan Pajak Terbaru

0 Comments 🕔08.Apr 2013

Ada beberapa jenis aturan pajak baru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Aturan pajak ini dikeluarkan lewat Dirjen Menteri Keuangan  yang menangani masalah pajak dalam negeri. Apa saja aturan pajak yang terbaru tersebut? Pertama, aturan pajak membahas mengenai batasan rumah sederhana. Aturan ini telah direvisi dari aturan yang sebelumnya. Bagi mereka yang memiliki rumah sederhana, harga jual dari rumah sederhana tersebut tidak boleh lebih dari 70 juta.

Namun aturan ini kini telah berubah dan harganya mulai sedikit dinaikkan. Bagi mereka yang menempati wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi , harga rumah sederhana berkisar maksimal  88 juta. Sementara untuk daerah Kalimantan, Maluku, NTT, dan NTB, harganya 95 juta. Untuk yang berada di wilayah Papua dan Papua barat, harga maksimal rumah sederhana berkisar 145 juta. Aturan ini sudah dibuat sejak tahun 2012 tepatnya pada bulan Agustus.

Aturan Pajak Terhadap BUMN

Kedua, BUMN atau Badan Usaha Milik Negara kini ditunjuk sebagai badan yang memungut PPN. Ini tentunya menyudahi tugas BUMD yang sebelumnya bertugas sebagai pemungut PPN. Aturan ini berlaku sejak tahun 2012 lalu pula, tepatnya di tanggal 1 Juli 2012.

Kapankah BUMN wajib memungut PPN? Yaitu pada saat penyerahan BKP atau JKP, kemudian pada saat penerimaan pembayaran sebelum penyerahan BKP/JKP dan pada saat penerimaan pembayaran termin. Kewajiban untuk pemungutan PPN ini terjadi pada saat proses penagihan berlangsung.

Aturan Perubahan e-SPT Tahunan

Ketiga, WP atau badan yang menyampaikan e-SPT tahunan PPH diwajibkan untuk menggunakan aplikasi e-SPT yang terbaru. Aplikasi e-SPT yang terbaru ini adalah aplikasi e-SPT tahunan PPH tahun 2011. Jika ada yang masih menggunakan aturan e-SPT sebelumnya akan dikenakan sanksi. Dengan kata lain menggunakan e-SPT yang dibuat pada tahun 2009 sudah tidak diperbolehkan lagi. Aturan ini juga berlaku mulai bulan Juli tahun 2012. Keempat, BBM atau Benchmark Behavioral Model yang merupakan metodologi terbaru yang menggantikan metodologi sebelumnya, yaitu Total Benchmarking. Tujuan dari adanya penggantian ini adalah untuk petunjuk bagi kegiatan penggalian potensi WP Badan.

Kelima, Jika tidak ada permohonan WP, maka kepala kanwil bisa mengurangkan atau menghapus sanksi terhadap administrasi PBB. Mereka juga dapat mengurangkan atau membatalkan SPPT, SKP PBB atau STP PBB yang tidak sesuai. Ini dilihat sesuai dengan jabatannya. Keenam, bagi mereka yang ingin mengajukan permohonan penghentian penyidikan pada tindak pidana wajib, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Yaitu adalah menyerahkan bukti jaminan pelunasan yang berbentuk esrow account dan juga surat pengakuan bersalah. Total utang pajak yang harus dibayarkan adalah 5 kali lipat dari utang pajak yang diderita. Aturan ini berlaku sejak tanggal 7 Agustus 2012. Aturan ini harus dipatuhi oleh semua pihak yang terkait dengan masalah pajak.

Similar Articles

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya 0

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba!

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba! 0

Bagi Anda yang merasa tarif Pajak Penghasilan (PPh) terlalu tinggi, Pemerintah berencana untuk menurunkannya. Hal

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *