Teropong Bisnis | Homepage
5,7% Menjadi Level Awal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun Ini

5,7% Menjadi Level Awal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun Ini

0 Comments 🕔06.Feb 2014

Adanya beberapa masalah tahun lalu menyebabkan banyak ahli memperkirakan bahwa tahun 2014, akan terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini muncul bukan tanpa dasar. Nilai tukar Rupiah yang tak kunjung naik dan tingginya tingkat inflasi saat ini, menjadi alasan kuat adanya prediksi ini.

Hari ini, 5 Februari 2014, perkiraan yang lebih akurat akan diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). BPS akan mengumumkan kondisi perekonomian Indonesia pada kuartal IV 2013 dan sepanjang 2013 (year on year/Yoy).

Menurut Senior Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Andry Asmoro, tahun 2013 kemarin diperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di level 5,7%. Hal ini sama dengan prediksi dari Bank Indonesia (BI) dan pemerintah.

Menurut Andry, level pertumbuhan ekonomi Indonesia 2013 yang lebih rendah dari tahun sebelumnya, yaitu 6,2% disebabkan oleh tingkat konsumsi dan investasi. Dia masih enggan membicarakan secara detail tentang kedua sektor ini.

Selain itu, Gubernur BI, Agus Martowardojo yang pihaknya juga memperkirakan hal yang sama, menambahkan beberapa hal tentang penyebab rendahnya level pertumbuhan ekonomi ini. Salah satunya adalah laju perekonomian global yang melambat yang menyebabkan turunnya volume ekspor riil.

Perlambatan juga terjadi pada pertumbuhan investasi. Hal ini karena pertumbuhan ekonomi Indonesia masih sangat bergantung pada sektor konsumsi.

pertumbuhan ekonomi, indonesia, ekonomi 2014, bisnis

Perkiraan pertumbuhan ekonomi untuk 2014 dari BPS juga dinantikan oleh banyak pihak. Seperti yang kita tahu, banyak analis pesimis bila Indonesia dapat bangkit cepat setelah diterpa masalah ekonomi pada 2013. Apalagi, pada 2014 ada pesta politik dimana pada dasarnya akan ada pergantian kebijakan yang menyangkut perekonomian Indonesia.

Bila perkiraan pertumbuhan ekonomi untuk 2014 dari BPS lebih rendah dari tahun lalu, yaitu sekitar 5,6%, maka ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Yang pertama adalah kebijakan BI untuk pengetatan moneter. Kebijakan ini akan sangat terasa manfaatnya bila, prediksi melambatnya pertumbuhan benar-benar terjadi. Tentunya hal ini akan menjadi ujian baru bagi dunia perbankan.

Selain itu, perlu juga diperhatikan tentang kondisi perekonomian global. Melambatnya laju perekonomian global juga akan mempengaruhi kondisi pertumbuhan Indonesia.

Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah juga akan menjadi poin paling penting dalam laju pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini. Bila BI mampu membuat kebijakan yang tepat, maka hasil baik akan didapat. Bahkan, dengan kebijakan stabiliasi dari pemerintah dan Bi sebagai bank sentral Indonesia, bukan tidak mungkin perbaikan perekonomian Indonesia akan berjalan.

Menteri Keuangan, Chatib Basri mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga dipengaruhi masalah internal domestic dan efek dari ekonomi global. Pada kuartal ketiga 2013, level yang tercatatadalah 5,8%. Dan, bila pada kuartal keempat 2013 pertumbuhan berada pada level 5,6%, maka akhir tahun lalu level pertumbuhan ekonomi Indonesia akan bergerak ke 5,7%.

Dengan demikian, kita dapat berharap bahwa Indonesia akan bangkit. Dan, masalah yang terjadi tahun lalu akan cepat terselesaikan.

pertumbuhan ekonomi, indonesia, ekonomi 2014, bisnis

BACA JUGA:

Perdamaian BRI Dan Mitra Supra Batal, Pailit Pun Datang

Intip Harga Emas Setelah Imlek

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *