Teropong Bisnis | Homepage
Uang NKRI Dibilang Palsu oleh BI

Uang NKRI Dibilang Palsu oleh BI

0 Comments 🕔14.Aug 2014

Indonesia berencana akan segera mengedarkan uang NKRI. Uang baru ini nantinya akan mulai diedarkan bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-69, 17 Agustus 2014. Belum saja beredar, kini tengah ramai beredar tiga buah mata uang NKRI. Lantas benarkah ketiga gambar uang tersebut adalah uang NKRI? Pihak Bank Indonesia sendiri membantah peredaran uang NKRI tersebut. Lembaga yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan dan mengawasi peredaran mata uang Indonesia ini tidak membenarkan isu ini.  Pihak BI menjelaskan bahwa ketiga gambar uang yang disebut uang NKRI tersebut hanyalah contoh saja. Gambar tersebut sebelumnya digunakan ketika pihak BI sedang mempresentasikan  slide  yang berisi tentang konsultasi publik yang berkaitan dengan redenominasi. Pieter Yakobs selaku Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia  menambahkan bahwa uang NKRI yang baru tidak mengalami pemotongan angka nol seperti yang terlihat pada gambar uang NKRI yang kini tengah hangat diperbincangkan. Memang benar, dari  ketiga gambar uang yang dianggap sebagai uang NKRI terlihat ada pemotongan angka nol. Pemotongan angka nol pada suatu mata uang disebut dengan redenominasi.

Pieter Yakobs juga mengatakan bahwa uang NKRI yang akan segera diedarkan nanti akan memiliki nilai yang sama dengan  uang rupiah sebelumnya. Nilai uang NKRI akan sama dengan nilai uang rupiah yang kini masih beredar yang mana nilai mata uang yang kini beredar terdiri dari uang pecahan Rp. 1.000, Rp.2.000, Rp. 5.000, Rp. 10.000, Rp. 50.000, dan Rp. 100.000. Pihak BI meminta maskyarakat Indonesia menunggu peredaran uang NKRI dengan sabar karena uang NKRI akan segera diedarkan secara resmi  beberapa hari lagi. Masyarakat Indonesia nantinya dapat memperoleh uang NKRI terhitung mulai tanggal 18 Agustus 2014 mendatang. Bagi masyarakat yang ingin memiliki uang NKRI, dapat menukarnya di  bank-bank manapun ataupun melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Sehubungan dengan peredaran uang NKRI, Presiden RI , Susilo Bambang Yudhoyono, berencana akan menyampaikan pidatonya seputar nota keuangan  APBN untuk tahun 2015. Beliau menyampaikan pidato tersebut pada tanggal 15 Agustus  2014 mendatang di Gedung DPR RI. Dalam pidatonya kelak, beliau menyampaikan bahwa tujuan diedarkannya uang NKRI kepada masyarakat Indonesia adalah untuk menggantikan uang rupiah yang sebagian besar kondisinya sudah lusuh dan kurang layak untuk dijadikan alat tukar.

Peredaran uang NKRI juga dimaskudkan untuk merealisasikan amanat yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011 yang berisi tentang Mata Uang. Uang NKRI sendiri akan dilengkapi dengan gambar lambing negara Indonesia, yaitu Burung Garuda Pancasila dan frasa NKRI (Negara Kesatuan Repbublik Indonesia) serta tanda tangan Menteri Keuangan dan Bank Indonesia. Pastinya kita semua penasaran dengan tampilan uang NKRI. Kita tunggu saja peredarannya.

3. Uang NKRI Dibilang Palsu oleh BI 1

Baca Juga :

Menanti Lahirnya Uang Rupiah Baru

5 Tips Jitu Meraih Untung Besar dari Hobi Penghasil Rupiah

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *