Teropong Bisnis | Homepage
Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula yang Tidak Memiliki Ide

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula yang Tidak Memiliki Ide

0 Comments 🕔04.Apr 2014

Anda masih ingat istilah ATM dalam dunia bisnis? ATM adalah Amati Tiru Modifikasi. Nah, sistem ATM ini bisa Anda terapkan jika Anda masih bingung mengenai bisnis apa yang akan Anda jalankan. Salah satu tips memulai bisnis untuk pemula adalah dengan copycat atau meniru bisnis yang sudah ada.

Dalam hal ini, Anda bisa mulai mengamati bisnis-bisnis yang sudah ada. Setelah Anda amati, mulailah untuk mengelompokkan bisnis-bisnis yang sekiranya Anda minati. Barulah proses meniru bisa Anda jalankan.

Tentunya, Anda tidak boleh asal meniru. Pastikan meniru bisnis yang memang sudah sangat digemari oleh masyarakat sekitar tempat tinggal Anda tersebut. Biaya juga bisa ditekan dengan metode meniru ini. Intinya, Anda harus teliti dalam mempelajari dengan seksama bisnis yang sudah berjalan dan sudah terbukti kesuksesannya.

Cara ini saja, Anda sudah menghemat biaya seperti biaya penelitian dan pengembangan bisnis Anda. Bahkan, jika ternyata copycat Anda berhasil maka anda bisa menghemat biaya pemasaran atau promosi. Bayangkan jika ternyata pelanggan merasa bahwa produk Anda sama dengan produk yang mereka beli sebelumnya.

Setidaknya mereka tahu bahwa produk yang Anda tawarkan tersebut sudah layak beli tanpa harus berpikir lagi walaupun bisnis Anda masih baru. Jangan dikira tips memulai bisnis untuk pemula ini sangat memalukan.

tips, memulai bisnis, ide bisnis, pemula, wirausaha

Justru banyak dari bisnis-bisnis ternama yang dulunya melakukan copycat atau metode meniru. Sebut saja Nintendo yang ternyata meniru sebuah game yang bernama Pong. Lebih lanjut lagi, ada pula Microsoft Explorer yang awalnya meniru Spry.

Di Indonesia sendiri, Anda bisa melihat banyaknya penjual ayam yang meniru KFC atau burger yang meniru McDonald. Cita rasa yang diberikan juga lebih Indonesia sehingga cocok untuk lidah masyarakat dan akhirnya laku keras di pasaran.

Tentunya, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan proses copycat atau meniru bisnis yang sudah Anda. Contohnya, Anda tidak harus terus berpikir mengenai bisnis baru. Amati kemudian tiru namun tirulah dengan senang.

Itu artinya, Anda harus meniru bisnis yang memang menjadi passion Anda. Dengan begitu Anda juga memiliki kemauan untuk terus berkembang dan bertahan dalam kondisi apapun juga. Meniru juga harus efektif dan kreatif.

Yang perlu Anda lakukan di sini adalah fokus pada pengembangan produknya bukan pada proses penciptaan produk bisnis tersebut. Ini karena meniru saja tidak cukup dan perlu adanya inovasi sehingga produk Anda tetap saja berbeda jika dibandingkan dengan produk kompetitor yang Anda tiru.

Karena Anda meniru produk orang lain maka ada kalanya produk Anda juga akan ditiru oleh kompetitor lainnya. Untuk itulah, Anda harus senantiasa berinovasi agar bisnis dan produk Anda tidak mudah ditiru oleh kompetitor.

Setidaknya, Anda sudah punya persiapan jika suatu saat bisnis Anda ditiru oleh kompetitor lainnya. Semoga tips memulai bisnis untuk pemula ini berguna bagi Anda untuk segera memulai bisnis tanpa pikir panjang lagi.

tips, memulai bisnis, ide bisnis, pemula, wirausaha

BACA JUGA:

Hindari 7 Kebodohan Pengusaha Pemula Ini

Menyusun Strategi Marketing Bisnis Online dengan Aplikasi Google

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *