Teropong Bisnis | Homepage
Tercekoki Sentimen Positif, Bursa Saham Asia Melejit

Tercekoki Sentimen Positif, Bursa Saham Asia Melejit

0 Comments 🕔28.May 2014

Pergerakan bursa saham Asia pada pekan ini dapat dikatakan sangat menggembirakan. Hal ini tampak pada penguatan yang terjadi pada beberapa indeks saham di Asia.

Bahkan, indeks saham acuan regional tercatat melesat mencapai level tertinggi dalam 6 bulan terakhir pada hari keempat pekan lalu. Penguatan ini terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah naiknya harga saham logam.

Penguatan pada bursa saham Asia tampak pada beberapa indeks saham beberapa negara. Yang pertama adalah penguatan pada indeks MSCI Asia Pacifik sebesar 0,3%. Penguatan ini tercatat pada perdagangan saham pada Selasa 27 Mei 2014 pukul 09.23 waktu Tokyo.

Meskipun demikian, indeks saham Jepang Topix tidak terlalu banyak berubah. Indeks saham ini bergerak datar pada level 1.194. Namun, terjadi penguatan pada penutupan perdagangan sebesar 0,6%. Penguatan ini menjadi yang tertinggi sejak 4 April yang lalu.

Penguatan ini tidak terlihat pada indeks saham Jepang Nikkei. Terjadi pelemahan pada indeks saham Nikkei sebesar 0,1% ke level 14.589,79 pada pembukaan perdagangan. Meskipun demikian, pelemahan ini tidak terlalu dikhawatirkan.

Indeks saham Australia juga mengalami kenaikan. Kenaikan yang terdeteksi sebesar 0,2% menuju level 5.526,30 pada awal perdagangan saham.

 bursa saham, info saham, ekonomi, managemen keuangan, saham

Menurut Analis Barclays, dikutip dari Reuters pada Selasa 27 Mei 2014, ada satu hal penting yang mendukung penguatan bursa saham Asiaini. Indeks saham S&P mencatatkan rekor pekan lalu yang membawa sentimen positif pada bursa saham global. Sentimen ini tetap berpengaruh meskipun bursa saham Amerika Serikat dan Inggris libur.

Selain itu, sentimen juga datang dari Filipina dan Hong Kong yang akan merilis data perdagangan mereka. Krisis Ukraina saat ini juga menjadi perhatian utama pelaku pasar. Dan, dapat dipastikan, krisis ini akan membawa dampak cukup signifikan pada bursa-bursa saham di Asia.

Menurut Mark Lister, Head of Private Wealth Research Craigs Investment Partners Ltd, China juga mempunyai peranan penting dalam penguatan bursa saham Asia ini. China beberapa bulan ini mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi mereka. Namun, pada Jumat 23 Mei 2014 yang lalu, Perdana Menteri China mengumumkan kebijakan pemerintah mereka yang akan membantu perekonomian ini. Hal ini yang membuat pasar kembali bergairah dan membentuk sentimen positif.

Penguatan yang terjadi pada bursa saham Asia ini juga berdampak pada penguatan nilai mata uang negara-negara di Asia. Yen mengalami penguatan dengan mencatatkan nilai tukar sebesar 101,96 Yen per Dollar Amerika Serikat.

Selain Yen, Dollar Australia juga menguat menjadi 92,61 sen per Dollar AS. Dollar Selandira baru juga mengalami penguatan sebesar 0,2% menuju level US$ 85,64.

Dampak dari banyaknya sentimen positif  pada bursa saham Asia ini belum banyak berarti pada bursa saham Indonesia. Namun, diprediksi, bursa saham Indonesia juga akan mengalami penguatan yang cukup signifikan pada beberapa hari ke depan.

 bursa saham, info saham, ekonomi, managemen keuangan, saham

BACA JUGA:

Pemicu Menurunnya Bursa Saham Amerika Serikat

IHSG Diprediksikan Merosot

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *