Teropong Bisnis | Homepage
Senyum Lebar dari Bisnis Bantal Lukis

Senyum Lebar dari Bisnis Bantal Lukis

0 Comments 🕔21.May 2014

Desain bantal yang kita jumpai saat ini sangat bervariasi. Salah satu yang paling menarik adalah bantal lukis. Castella Natalia adalah salah seorang yang memanfaatkan bantal lukis sebagai bisnisnya. Dia memproduksi bantal lukis dengan merek Castella.

Berawal pada tahun 2009, ketika dia ingin membuat lukisan pada kain kanvas. Terbesit ide untuk menambah busa pada kain tersebut dan menjadikannya bantal. Ternyata banyak orang tertarik, yang menjadi awal dibuatnya bantal lukis Castella.

Tidak hanya kotak, Castella juga membuat bantal dengan bentuk hewan, karikatur dan lainnya. Banyak pelanggan yang memesan bantal buatannya ini untuk hadiah atau souvenir. Dan, gambar yang terlukis di bantal tersebut juga bervariasi, seperti wajah konsumen yang memesan dan lainnya.

Untuk harga, Castella mematok harga mulai dari Rp. 200 ribu untuk ukuran 30 cm x 30 cm. Sedangkan bantal seukuran manusia dijual dengan harga Rp. 1 juta.

Castella dapat memproduksi 500 hingga 600 bantal lukis perbulannya. Hal ini dikarenakan para pemesan pada umumnya memesan lebih dari satu bantal setiap satu kali pemesanan. Pemesannya juga tidak hanya dari Bandung dan Jakarta, tetapi berbagai kota di Indonesia. Bahkan tahun 2011, dia juga mengekspor produknya ke Singapura, Malaysia, Filipina, Turki, Arab, Amerika Serikat, Australia dan Swiss.

Rani Anggraini juga menjalankan bisnis yang sama dengan nama Anggraini Craft. Awalnya, dia membuat bantal lukis untuk hadiah. Ternyata banyak yang menyukainya dan memesan.

Sebagai pemain baru, Rani hanya dapat memproduksi 50 bantal lukis per bulannya. Dia menggunakan kain belacu sebagai bahan karena unik dan menjadi pembeda dengan produk lainnya. Dan, kain ini lebih halus dan tepat untuk media melukis.

Untuk harga, Rani mematok harga sebesar Rp. 180.000 untuk ukuran 40 cm x 10 cm. Harga ini termasuk dengan desain standar. Akan ada biaya tambahan sebesar Rp. 30.000, bila ingin menambah gambar.

Menurut Rani, bisnis ini sangat menjanjikan. Hampir setiap hari ada pelanggan yang membutuhkan bantal lukis ini untuk hadiah maupun souvenir. Bahkan, keuntungan yang didapat dapat mencapai 50%-60%.

Kemampuan melukis dan kreativitas sangat diperlukan pada bisnis ini. Jadi, Anda harus rajin mengasah, berlatih dan mengikuti kursus melukis. Anda juga harus menguasai berbagai gaya melukis.

Bahan juga perlu diperhatikan agar kualitas produk terjaga. Castella menambahkan, workshop tempat membuat bantal lukis sebaiknya tidak bersuhu lembab. Hal ini dapat menimbulkan jamur pada produk.

Bila melihat bahan, cat, peralatan lengkap yang dibutuhkan, modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini cukup besar. Jadi, Anda perlu mempersiapkannya dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, promosi sangat memegang peranan penting disini. Seperti Castella yang mengikuti pameran 3 kali dalam setahun. Sedangkan Rani, lebih sering, karena mungkin dia masih pemain baru yang ingin mendapatkan posisi kuat di pasar bantal lukis. Promosi online dan mulut ke mulut juga dapat digunakan.

bantal lukis, usaha sampingan, bisnis rumahan, ide bisnis, peluang usaha

BACA JUGA:

Kemasan Produk Penghasil Miliaran Rupiah Per Tahun

Modal Ratusan Ribu Rupiah Kini Beromzet Jutaan Rupiah dari Bisnis Seragam Tentara

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *