Teropong Bisnis | Homepage
Rahasia Mengembangkan Bisnis Ke Luar Negeri yang Wajib Dipahami

Rahasia Mengembangkan Bisnis Ke Luar Negeri yang Wajib Dipahami

0 Comments 🕔25.Apr 2014

Salah satu impian seorang pebisnis adalah produknya bisa dikenal tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Perlu Anda ketahui bahwa sudah ada beberapa pebisnis Indonesia yang produknya sangat terkenal di luar negeri. Pertanyaannya adalah apa rahasia mereka hingga bisa mengembangkan produk ke pasar ekspor?

Berikut ini rahasia mengembangkan bisnis ke luar negeri yang patut Anda tiru. Sebagai langkah awal, Anda harus memperhatikan standar dari produk Anda sendiri. Mutu produk harus Anda jaga sebaik mungkin.

Pastikan bahwa standar produk Anda sesuai dengan standar internasional termasuk melengkapi berbagai prosedur seperti ijin industri. Intinya pelajari semua seluk beluk ekspansi ke luar negeri kemudian lakukan hal tersebut kepada produk dan bisnis Anda sendiri. Setelah standar atau kualitas produk sudah Anda jaga dengan benar, kini saatnya menjaga pasokan produk.

Tentu saja, pasar luar negeri tidak ingin menjual produk hanya sekali saja khususnya jika produk tersebut laris di pasaran. Untuk itulah, Anda harus terus menjaga konsistensi pasokan produk agar tetap lancar. Jika perlu, Anda harus meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan.

Apakah hanya itu saja rahasia mengembangkan bisnis ke luar negeri? Tentu saja tidak! Masih ada beberapa hal lagi yang harus Anda pahami jika benar-benar ingin mengembangkan bisnis hingga ke luar negeri.

Dalam hal ini perlu Anda ketahui bahwa bisnis pun memiliki aturan termasuk aturan ekspor – impor. Hal dasar semacam ini sangat perlu Anda pahami dan kuasai demi kelancaran ekspansi bisnis Anda ke luar negeri. Contohnya, Anda harus paham mengenai produk apa saja yang diperbolehkan untuk diperjual belikan di negara tujuan ekspansi Anda tersebut.

Pahami kontrak kerja sehingga kerjasama bisa berjalan lancar tanpa halangan yang berarti. Lebih lanjut lagi, Anda juga harus memahami prosedur teknis ekspor. Prosedur ini termasuk prosedur administrasi yang harus Anda lengkapi sebagai eksportir.

Ada pula prosedur bea cukai, peralatan dan perlengkapan, prosedur pembayaran, dan prosedur lainnya. Ada banyak kasus di mana barang sudah siap untuk diekspor namun harus gagal di tengah jalan karena dokumen belum lengkap.

Dengan memahami hal-hal semacam itu proses akan berjalan dengan lancar dan baik sehingga produk cepat sampai ke negara tujuan dan segera dijual. Semakin cepat produk Anda dipasarkan di negara yang Anda bidik, Anda akan semakin cepat mengetahui respon pasar.

Jika masih belum bagus Anda bisa segera mengevaluasi. Sebaliknya, jika respon pasar sangat baik maka Anda harus segera bersiap menambah kapasitas produksi untuk pengiriman selanjutnya.

Memang, rahasia mengembangkan bisnis ke luar negeri tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Namun, hal tersebut harus Anda lakukan jika ingin mengenalkan produk hingga ke luar negeri. Tentu saja, semua memerlukan perjuangan keras sebelum akhirnya menikmati hasilnya.

BACA JUGA:

Ini Saatnya Anda Memulai Bisnis

3 Resep Lancarkan Kelahiran Ide Bisnis

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *