Teropong Bisnis | Homepage
Prinsip Ciputra Untuk Sukses

Prinsip Ciputra Untuk Sukses

0 Comments 🕔20.Sep 2013

Siapa tidak kenal Ciputra? Seorang anak bangsa yang sangat sukses dalam berwiraswasta dan akhirnya mempunyai banyak perusahaan besar yang memperkerjakan ratusan ribu orang. Usaha utama Ciputra adalah bisnis properti. Ciputra adalah seorang pengusaha yang sangat tangguh bahkan dulu saat resesi ekonomi menghantui Indonesia, bisnisnya kian maju dan tidak begitu terpengaruh dengan ekonomi dunia.

Ada beberapa prinsip yang dipegang secara teguh oleh Ciputra sehingga beliau selalu berhasil dan sukses dalam segala usaha dan bisnis yang dijalaninya. Ciputra sendiri menegaskan bahwa untuk sukses ada semacam integritas yang selalu beliau pegang teguh ketiga berbisnis. Integritas itu adala ABJ atau Adil, Benar, dan Jujur.

Ketiga hal tersebut harus menjadi sebuah karakter seorang pngusaha yang mau sukses. Tidak ada pengusaha yang sukses dalam jangka waktu lama tanpa adanya karakter ABJ tersebut. Lebih jauh, menurut Ciputra, karakter yang kuat adalah pondasi utama kesuksesan.

 

Selain karakter yang kuat, untuk sukses, pengusaha juga harus menjadi ahli dibidangnya. Jika Anda ingin berbisnis dibidang kuliner maka Anda harus menjadi ahli kuliner misalnya dengan belajar memasak tingkat lanjut atau sekolah menjadi seorang Chef. Selain menjadi ahli, Ciputra juga menyarankan agar pengusaha mempunyai profesionalitas  yang tinggi. Dengan profesionalitas maka apapun usaha yang dilakukan pasti bermutu dan otomatis sukses.

Ciputra juga menambahkan bahwa harus ada jiwa entrepreneurship bagi pengusaha. Jiwa wiraswasta ini harus ada. Seorang yang berjiwa entrepreneur pasti bisa menciptakan usaha yang kreatif, inovatif, dan berani untuk mengambil keputusan. Dengan bekal ketiga hal yang termasuk dalam entreprenurship ini maka kesuksesan sudah membayang ditangan.

Seorang calon pengusaha yang ingin sukses dilarang untuk menyerah dan patah semangat. Sebuah kesuksesan tidak akan tercapai dengan menyerah ditengah jalan, begitu ungkap Ciputra. Ketika Anda mendapati suatu masalah yang menghadang usaha Anda, carilah solusi jangan malah berhenti. Ada banyak pihak,orang, dan bahkan pengusaha lain yang mau membagikan tips serta ilmu untuk mengatasi berbagai masalah bisnis.

Selain berjuang untuk sukses, maka Ciputra juga menyarankan agar calon pengusaha juga bersiap menghadapi kegagalan.  Menurut beliau kegagalan ada disetiap usaha  dan kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Seorang pengusaha yang sudah bersiap dengan kegagalan pasti tidak akan mengijinkan kegagalan datang kedua kali.

Seorang pengusaha yang siap dengan kegagalan pasti akan berani ambil resiko untuk bangkit lagi dan kegagalan hanyalah semacam ujian kecil bagi mereka yang ingin sukses. Jika Anda tidak berani mengambil keputusan dan resiko maka Anda bukanlah seorang calon pengusaha yang sukses.

Bahkan dulu Ciputra pernah hampir bangkrut namun kini bisnisnya sudah bangkit. Dan bahkan karena kegagalan dia dahulu, Ciputra belajar banyak agar kegagalan yang sama tidak terulang kembali.

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *