Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Usaha Jasa Service Elektronik dengan Modal Minim

Peluang Usaha Jasa Service Elektronik dengan Modal Minim

0 Comments 🕔24.Oct 2013

Salah satu kendala memiliki barang elektronik adalah adanya risiko kerusakan. Sebenarnya, kerusakan barang elektronik ini bisa menjadi berkah bagi Anda. Bayangkan, satu rumah memiliki banyak barang elektronik seperti televisi, lemari es, DVD, kipas angin, AC, dan lain-lain.

Salah satu bisnis yang bisa Anda geluti terkait dengan kendala ini adalah membuka usaha jasa service elektronik. Usaha dalam bentuk jasa semacam ini sangat menguntungkan khususnya bagi Anda yang memang sudah memiliki keahlian di bidang tersebut. Modalnya terhitung tidak terlalu besar karena Anda tidak perlu menyewa atau membeli ruko.

Cukup gunakan rumah Anda sebagai tempat memulai usaha jasa ini. Nanti, bila usaha Anda sudah berkembang dan punya cukup modal, Anda bisa mencoba menyewa kios agar lebih fokus dan keamanan pun lebih terjamin.Selain itu, modal utama yang harus Anda miliki adalah modal keahlian yang memadai. Target pasarnya juga tidak terlalu sempit karena hampir setiap rumah di sekitar Anda pasti punya barang elektronik.

Ini merupakan kesempatan Anda untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan tentunya mendapatkan keuntungan finansial yang lumayan. Tentunya, Anda masih perlu belajar beberapa hal seperti belajar menganalisa dan memperkirakan kerusakan barang elektronik dengan cepat. Selain itu tentu saja, Anda harus belajar membongkar, memperbaiki serta merakit barang elektronik tersebut. Hal ini termasuk memperkirakan harga komponenelektronik untuk perbaikan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai usaha jasa service elektronik. Contohnya, Anda harus cermat dalam mencari pusat penjualan komponen barang elektronik. Pastikan mereka menawarkankomponen-komponen yang lengkap, berkualitas dan harga yang bersaing. Hal ini sangat penting karena terkait dengan biaya operasional usaha Anda.

Kemudian, pastikan bahwa peralatan service sudah lengkap, seperti obeng, tang, solder, taspen, adaptor, dan lain-lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan tempat kerja yang nyaman dengan meja dan kursi karena nantinya kita bisa seharian duduk di tempat tersebut.

Akan lebih baik jika Anda memperdalam ilmu seperti mengikuti kursus atau memang mengambil jenjang pendidikan yang berhubungan dengan bisnis jasa ini. Jika Anda ingin menyewa kios kecil maka usahakan berdiameter3x3 meter.

Selain meja dan kursi, Anda juga menyiapkan rak kecil untuk menyimpan peralatan kerja Anda agar mudah diambil saat Anda memerlukannya. Layaknya menjalankan sebuah bisnis, maka Anda tidak lepas dari risiko termasuk saat menjalankan usaha jasa service elektronik. Kurangnya kemampuan dan pengetahuan untuk mereparasi barang elektronik merupaka sebuah risiko karena itu artinya Anda akan mengecewakan klien Anda.

Walaupun Anda sudah memiliki tempat untuk membeli komponen namun ternyata komponen yang tersedia belum tentu lengkap. Kenyataannya ada beberapa komponen elektronik yang sangat sulit ditemukan. Kalaupun ditemukan harganya terlalu mahal.

Hal semacam ini perlu dikomunikasikan terlebih dahulu ke pelanggan sehingga mereka tidak kecewa terhadap pelayanan Anda. Dengan kisaran modal Rp. 3.000.000 Anda sudah siap menjalankan bisnis ini. Selamat mencoba!

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *