Teropong Bisnis | Homepage
Nilai Tukar Rupiah Masih Dalam Cengkeraman Dolar

Nilai Tukar Rupiah Masih Dalam Cengkeraman Dolar

0 Comments 🕔27.Nov 2013

Bila kita melihat pasar saham Indonesia beberapa pekan ini, maka ada banyak hal menarik yang dapat kita temukan. Banyaknya perubahan nilai saham perusahaan-perusahaan yang selam ini kita tidak terlalu perhatikan, baik meningkat atau menurun, dan lain sebagainya. Tetapi, ada satu hal yang sama dari beberapa bulan lalu di pasar saham Indonesia. Nilai tukar Rupiah masih berada di level yang tidak terlalu menyenangkan.

Saat ini, nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih berada di level Rp. 11.745 sampai Rp. 11.712 per USD menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI).

Menurut Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada dalam risetnya, saat ini, Rupiah mendekati nilai support Rp. 11.727 per USD.

Seperti yang kita tahu, beberapa tahun yang lalu, Amerika Serikat dilanda banyak masalah ekonomi dan menjadi salah satu penyebab krisis ekonomi global. Hal ini diperparah dengan tutupnya pemerintahan Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu. Indonesia dan nilai tukar Rupiah pun terpengaruh karenanya.

Saat ini, kondisi ekonomi negara adidaya ini sudah membaik. Tetapi, Reza mengatakan hal ini tidak sepenuhnya memberikan dampak yang baik pada Indonesia, khususnya nilai tukar Rupiah.

Dia menambahkan, semakin kuatnya nilai dolar AS ini menjadikan banyak pelaku pasar lebih percaya dan tertarik untuk menginvestasikan uang mereka di mata uang negara ini dibandingkan mata uang dari negara lain. Dan, dampaknya, langkah Rupiah untuk memperbaiki nilai tukarnya menjadi terhambat karena meningkatnya nilai dolar AS.

Selain itu, menurut Reza ada juga faktor-faktor lainnya yang menghambat laju nilai Rupiah sehingga masih berada di level lemah. Pertama adalah perilisan penurunan BBA mortgage approvals yang mempengaruhi Euro. Dan, bank sentral untuk Euro dan Yen yang mempertahankan suku bunga yang rendah juga menjadi salah satu penyebab lemahnya nilai tukar Rupiah.

Informasi yang terakhir, nilai tukar Rupiah terhadal dolar AS sempat menyentuh titik terendah, yaitu berada pada level Rp. 11.751 per dolar AS. Tetapi, pada penutupan kemarin sore, sempat terjadi peningkatan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS menjadi Rp. 11.700-an.

Meskipun tidak signifikan, tetapi, kita harus bersyukur dengan adanya peningkatan nilai tukar Rupiah ini. Setidaknya, masih ada peluang untuk menjadi lebih baik lagi dan membuat nilai tukar Rupiah kembali normal seperti sedia kala.

Bloomberg juga melansir informasi mengenai pelemahan nilai tukar Rupiah ini. Menurut Bloomberg, pada perdagangan non-delivery forward (NDF), nilai tukar Rupiah ditutup pada level Rp. 11.735 per dolar AS atau terjadi pelemahan sebesar 35 poin atau 0,35 persen. Sedangkan level terendah untuk pergerakan harian nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS tercatat berada di level Rp. 11.751 per dolar AS dan tertinggi berada di level Rp. 11.660 perdolar AS.

 

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *