Teropong Bisnis | Homepage
Modal 20 juta bisa apa?

Modal 20 juta bisa apa?

0 Comments 🕔25.Sep 2013

Besar kecilnya usaha yang ingin anda buka memang akan bergantung pada jumlah modal yang dimiliki. Akan tetapi dengan modal 20 juta, itu sudah cukup untuk memulai usaha bagi seorang pemula yang baru saja ingin merintis sebuah usaha. Anda bisa memulai dengan berjualan makanan kecil, jajan pasar yang banyak dicari oleh orang.

Modal 20 juta bisa berjualan apa?

Anda bisa mengambil contoh berjualan batagor. Biaya yang diperlukan untuk membeli gerobak adalah sekitar 1-2 juta rupiah. Untuk melengkapi kebutuhan peralatan seperti sendok, piring, garpu, serta kebutuhan membuat bumbunya seperti kacang, saos, jeruk nipis, dan kecap akan membutuhkan dana sebesar 500- 1 juta rupiah sebagai modal anda. Dan untuk membeli siomay, batagornya dan juga telurnya kira-kira cukup dengan 2 hingga 3 juta rupiah saja.

Tentu saja perhitungan tersebut sudah menggunakan hitungan maksimal, dengan menyisakan cadangan modal yang masih cukup jika memang terjadi kebangkrutan. Dan bisa dipergunakan untuk memulai lagi di tempat yang baru. Tetapi itu tentu bukan suatu keadaan yang dharapkan.

Pilihan lain yang bisa dijajaki adalah dengan berjualan makan kecil seperti taro-taroan, ciki-cikian, yang bisa dibeli dari pabriknya atau jika tidak memungkinkan bisa dicari di toko yang menyediakan aneka makanan kecil dengan harga grosir.

Tapi memang, keuntungan yang lebih besar akan bisa didapatkan jika anda bisa mendapatkan bahan baku langsung dari pabriknya Karen masih akan mendapatkan harga dasar setelah keluar dari pabrik.

Modal 20 juta memang tidak banyak. Tetapi akan cocok dengan pemula yang masih baru di dalam membuka usaha. Masih kurang banyak jika ingin memperbesar usaha, tetapi sudah cukup sebagai modal awal. Hal ini karena, selain modal, ketika anda memulai sebuah usaha, yang terpenting adalah bagaimana anda bisa menyatu dengan usaha yang geluti, merasa menjadi bagiannya, merasa jatuh cinta dan sanggup memperjuangkannya, maka keberhasilan di masa datang akan tinggal menunggu waktu saja.

Setelah kita menyukai apa yang anda kerjakan, apa yang anda jual, selanjutnya adalah terus belajar dalam meningkatkan dalam hal teknis penjualan. Bagaimana jalan terbaik dari produk anda dipasarkan, apakah cukup dari mulut ke mulut, apakah memerlukan tempat usaha yang khusus agar produk anda diketahui oleh orang yang beraktivitas disekitar anda, atau perlu memanfaatkan metode penjualan yang non konvensional seperti melalui internet untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas.

Dengan cinta dan ketekunan niscaya kemajuan tambahan modal akan datang. Orang yang melihat keseriusan anda dan melihat potensi ke depannya dari usaha anda, tanpa anda minta akan menawarkan tambahan modal bagi usaha anda dengan melihat prospek cerah yang bisa diprediksikan.

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *