Teropong Bisnis | Homepage
Mengembangkan Usaha di Desa

Mengembangkan Usaha di Desa

0 Comments 🕔12.Aug 2013

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Potensi Desa

Jangan pernah remehkan potensi dari sebuah desa. Desa justru adalah tempat pembuatan berbagai barang yang akhirnya diimport ke luar negeri. Ini berarti desa adalah tempat orang dengan berbagai kemampuan. Biasanya desa memiliki spesialisasi kemampuannya masing-masing dan desa satu memiliki potensi kemampuan yang berbeda dengan desa lainnya. Keahlian tiada duanya itu biasanya merupakan kemampuan turun-temurun dari berbagai pengrajin desa di masa lampau.

Ada desa yang memiliki berbagai macam orang berkeahlian melukis ataupun memahat. Mereka bisa mengubah potongan kayu ataupun kanvas kosong menjadi seni. Ada pula desa yang merupakan spesialis kuningan. Mungkin karena kuningan merupakan barang yang mudah ditemukan di sekitar desa, maka para penduduknya belajar untuk mengolah kuningan menjadi barang-barang bernilai seni.

Ada pula desa yang memiliki spesialisasi tenun. Walaupun kebanyakan masihlah menggunakan tenun model lama yang dioperasikan dengan tenaga, namun mereka dapat menghasilkan karya yang bisa dipamerkan di atas panggung internasional. Teknologi tradisional mereka mungkin tidak memungkinan mereka menghasilkan dalam jumlah banyak, namun kualitas tetap bisa tinggi.

Selain itu, daerah pedesaan kerap memberikan nuansa baru bagi mereka yang tinggal di perkotaan sehingga untuk dapat mengalami keadaan di desa, mereka rela untuk membayar mahal. Kalau kamu ingin menjadi sukses menjadi pengusaha pariwisata di desa, maka jangan pernah berpikir itu tidak mungkin karena itu memang mungkin sekali. Selain itu, Anda juga malah bisa turut andil dalam pengembangan desa tersebut tanpa menghilangkan identitas tradisionalisme mereka.

Desa Wisata

Saat ini, telah terdapat banyak desa yang disulap menjadi desa wisata. Desa wisata adalah desa yang menjual berbagai pengalaman hidup di pedesaan yang merupakan pengalaman luar biasa bagi mereka yang belum pernah melakukannya. Jika desa tersebut memang berpotesi sebagai tempat wisata, maka pilihlah desa tersebut sebagai tempat usaha Anda.

Membangun hotel mewah bukanlah cara untuk menarik turis datang ke hotel Anda. Para turis yang datang ke desa tersebut menginginkan kehidupan yang sangat bernuansa pedesaan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memberikan suatu kekhasan desa yang dibalut dalam pariwisata yang profesional dalam penyediaan jasa. Memberikan jasa yang terbaik terkadang sangat sulit jika Anda belum mendapatkan wawasan yang tepat.

Kekurangan dari banyak desa wisata biasanya adalah kemampuan untuk mempertahankan kualitas dan juga bersikap professional. Di sinilah Anda bisa masuk dan melengkapi semuanya. Desa tersebut tentunya tidak akan dirugikan karena para turis masih akan mendatangkan uang ke desa dan melakukan berbagai transaksi dengan warga setempat sementara yang lainnya akan bekerja di usaha Anda. Ini adalah win-win solution yang dibutuhkan semua orang karena ketika kita bersinergi, maka kita akan menjadi lebih kuat.

Traditional Design Beauty Resort Hotels Khayangan Bali Villas

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *