Teropong Bisnis | Homepage
Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

0 Comments 🕔16.Feb 2016

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang cukup tinggi dalam menjaga kesehatan. Seperti halnya manfaat buah pir dalam membantu menjaga berat badan ideal, menjaga kesehatan jantung, menjaga saluran pencernaan serta mengatur kadar cairan dalam tubuh, dan bahkan mengurangi tekanan darah yang tinggi. Dengan berbagai macam bentuk manfaat tersebut, tentu saja saat ini mulai banyak orang yang melirik untuk melakukan budidaya tanaman pir, apalagi peminat dari tanaman itu sendiri memang terus meningkat.

Buah yang termasuk dalam genus Pyrus ini memang cukup banyak ditemukan utamanya di kawasan Asia Timur, Eropa, serta Afrika Utara. Welly Siswanto adalah salah satu pembudidaya tanaman tersebut yang berasal dari kawasan Indonesia, tepatnya dari wilayah Kediri Jawa Timur. Pembudidayaan ini dilakukannya sejak 4 tahun terakhir. Menurut beliau hal ini dilakukan sebagai bahan uji coba, karena di kawasan Malang itu sendiri memang sudah banyak yang melakukan budidaya tanaman Apel.

Menurut beliau dalam waktu satu tahun belakangan ini, bibit buah pir mulai banyak diminati. Selain pembibitan dari buah pir lokal yang berwarna coklat, Welly juga membudidayakan buah pir dari luar, yaitu hasil impor bibit dari kawasan Thailand, yang saat ini masih diuji cobakan olehnya. Selain itu, beliau juga mengungkapkan bahwa di Indonesia sendiri memang belum banyak orang yang membudidayakan buah pir. Karena itulah jika Anda berminat untuk membudidayakannya di kota masing-masing maka tidak ada salahnya untuk memesan bibit dari beliau itu sendiri.

Untuk bibit buh pir lokal dihargai Rp. 30.000 hingga  Rp. 40,000/bibitnya. Sedangkan untuk bibit impor biasanya memiliki harga yang cukup tinggi yaitu sekitar Rp. 200.000/bibitnya. Harga bibit yang ditawarkan oleh Welly memang cukup tinggi, namun jenis bibit itu sendiri termasuk dalam kategori bibit unggul sehingga tidak akan mengecewakan Anda selaku pembeli yang hendak melakukan budidaya tanaman pir itu tadi.

Selain harga dari bibit buah pir, ada pula harga buah pir yang dihasilkan dari kebun budidayanya. Jenis buah pir yang dijual olehnya adalah buah pir hasil dari bibit Thailand itu tadi, yang kemudian dibanderol dengan nilai Rp.30.000/kgnya. Sebagai seorang pengusaha yang bergerak dalam bidang budidaya tanaman, Welly juga pernah mendapatkan pesanan dari kawasan Yogyakarta yang meminta sekitar 400 bibit untuk pir lokal, dan jika dihitung maka omzet yang bisa diraihnya itu mencapai Rp16 juta. Sedangkan dari kawasan lain yaitu Wonosobo, ada juga pembudidaya lain yang mulai membeli bibit pir Thailand dengan jumlah 200 bibit.

Berkaitan dengan masalah budidaya di atas tadi F. Rahardi selaku pengamat agribisnis juga menyatakan pendapatnya. Menurut beliau, satu buah pohon pir dapat menghasilkan hingga 1 kuintal buah pir itu sendiri. Apalagi jika pohon tersebut sudah mencapai ketinggian dengan ukuran 2 meter. Namun, beliau juga menyatakan jika buah pir asal Indonesia berbeda dengan buah pir dari Eropa yang rasanya jauh lebih manis. Sedangkan hasil budidaya tanaman pir lokal biasanya memiliki rasa agak asam.

2.Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia1

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

7 Efek Positif Dibalik Bisnis Saat Kuliah

7 Efek Positif Dibalik Bisnis Saat Kuliah 0

Bisnis saat kuliah mungkin dipandang sebagai salah satu cara untuk menghasilkan pemasukkan tambahan. Memang hal ini

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *