Teropong Bisnis | Homepage
Kini Bayar Pajak Tidak Lagi Susah

Kini Bayar Pajak Tidak Lagi Susah

0 Comments 🕔25.Dec 2013

Kemajuan teknologi memang sudah sangat dirasakan manfaatnya. Berbagai kemudahan bisa dirasakan oleh semua kalangan. Kemudahan ini juga dirasakan oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam memberikan pelayanan terhadap wajib pajak. Dalam hal ini, pihaknya sudah melakukan beberapa inovasi tentunya demi kenyamanan wajib pajak serta membangun Indonesia ke arah yang lebih baik.

Salah satu inovasi Direktorat Jenderal Pajak yang terkait dengan trend kemajuan teknologi adalah dibuatnya situs www.pajak.go.id. Selain itu, pihaknya juga telah mensosialisasikan layanan call center dan pengaduan wajib pajak melalui program Kring Pajak di 500200. Pelaporan Surat Pemberitahuan atau SPT yang dulunya manual atau dikirim langsung, kini juga dikirimkan secara elektronik atau disebut dengan eSPT.

Untuk proses pembayaran, Anda juga tidak perlu repot-repot mendatangi kantor pajak. Cukup gunakan saja program layanan billing system secara electronik atau eBilling. Bahkan, inovasi Direktorat Jenderal Pajak adalah dengan mengeluarkan layanan terbaru yang disebut dengan e-filling. Layanan ini merupakan layanan pembayaran pajak dengan hanya menggunakan mesin ATM saja.

Layanan e-filling juga memungkinkan Anda untuk melaporkan SPT tahunan Anda secara elektronik dengan menggunakan fasilitas internet. Sebagai informasi, layanan ini sebenarnya bukanlah layanan baru. Pihaknya sudah merilis layanan e-filling sejak tahun 2011 yang lalu. Tentunya, layanan ini akan terus dikembangkan dan disempurnakan.

bayar pajak

Anda juga memiliki kemudahan dengan adanya 2 jenis layanan penyampaian SPT melalui e-filling ini. Pertama, Anda bisa menggunakan layanan tersebut dengan mengakses website Ditjen Pajak yang tertera di atas. Layanan ini sangat mudah dan diperuntukkan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Dalam hal ini Anda akan menggunakan formulir SPT online Tahunan PPh form 1770 dan 1770 SS.

Kedua, Anda bisa pula menggunakan layanan e-filling melalui Application Service Provider ASP yaitu perusahaan penyedia jasa aplikasi yang memang sudah bekerjasama dengan Ditjen Pajak. Penyedia jasa aplikasi tersebut diantaranya Pajakku.com, LaporPajak.com, LayananPajak.com, serta Spt.co.id. Untuk cara yang kedua ini, Anda sebagai wajib pajak harus memiliki e-Fin atau electronic filling identification number dan sertifikat dari Ditjen Pajak dalam bentuk digital certificate.

E-fin nantinya digunakan sebagai nomor identitas Anda. Nomor tersebut digunakan untuk menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh secara elektronik. Bagi Anda yang ingin memiliki e-Fin, Anda bisa langsung datang ke kantor pelayanan pajak terdekat di kota Anda. Jika sudah mendapatkan e-Fin, silakan mendaftarkan diri melalui website resmi Ditjen Pajak.

Ada pula inovasi Direktorat Jenderal Pajak yaitu pembayaran pajak melalui ATM yang didesain untuk pengusaha yang juga wajib pajak dengan total omzet di bawah Rp. 4.8 miliar. Dalam hal ini, Anda diwajibkan membayar Pajak Penghasilan atau PPh Final sebesar 1% dari omzet Anda. Yang membuatnya mudah adalah setelah melakukan pembayaran melalui ATM, Anda tidak perlu lagi melaporkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak. Bank yang sudah terkoneksi antara lain BCA, Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

bayar pajak

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya 0

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *