Teropong Bisnis | Homepage
IPO Alibaba, Pintu Masuk Perusahaan China Menuju Wall Street

IPO Alibaba, Pintu Masuk Perusahaan China Menuju Wall Street

0 Comments 🕔11.May 2014

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan Anda. Salah satunya adalah dengan menambah modal dan memperkuat finansial perusahaan Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat memasuki pasar modal. Hal ini sering disebut dengan go public atau menawarkan sebagian kepemilikan perusahaan Anda kepada orang lain.

Salah satu tahap awal masuk dalam pasar modal adalah Initial Public Offering (IPO). Yang terbaru dan paling menarik saat ini adalah IPO yang terjadi di Wall Street, bursa efek Amerika Serikat (AS). Tahun 2014, sudah ada empat perusahaan asal negeri tirai bambu, China yang melakukan hal ini termasuk IPO Alibaba yang menjadi perbincangan. Langkah ini menyusul 8 perusahaan asal China yang juga sukses melakukan IPO di bursa efek AS pada tahun 2013 yang lalu.

Menurut Renaissance Capital, salah satu perusahan investasi, Alibaba akan menjadi sosok penting dalam IPO tahun ini. Menurut mereka, Alibaba dapat menjadi katalis yang menentukan akan terjadinya IPO atau tidak untuk perusahaan lain asal China di AS.

Cofounder Doll Capital Management (DCM) David Chao mengungkapkan IPO Alibaba akan menjadi titik awal serbuan perusahaan asal China di pasar saham AS. Bila IPO Alibaba berjalan lancar, maka dapat dipastikan akan ada banyak perusahaan China yang masuk ke pasar saham AS. Akan tetapi, bila yang terjadi sebaliknya, perusahaan-perusahaan asal China ini akan menangguhkan rencana mereka selama beberapa waktu.

Menurut David, sebelum Alibaba memutuskan untuk masuk pasar saham AS, sudah banyak perusahaan asal China yang juga melakukan IPO di pasar saham AS. Yang menarik, mereka melakukan hal ini karena mereka tahu bila Alibaba akan masuk ke pasar AS.

Bila kita lihat apa yang terjadi, sepertinya ada yang tidak masuk akal disini. Bagaimana mungkin IPO sebuah perusahaan menjadi acuan bagi perusahaan lainnya untuk melakukan IPO? Hal ini sangat beralasan, karena Alibaba mempunyai posisi yang kuat di China. Mereka bahkan menguasai hampir 80% binsis e-commerce di China.

IPO Alibaba dipastikan akan menjadi salah satu langkah besar perusahaan ini untuk mengembangkan dominasinya di luar China. Akan tetapi, bukan berarti bila IPO ini berhasil dan lancar, perusahaan-perusahaan asal China lainnya akan langsung melakukan hal serupa.

Menurut Head Marketing Dolphin Browser, Edith Yeung, bila IPO Alibaba berhasil, perusahaan-perusahaan China masih akan menahan rencana IPO mereka. Mereka masih akan memperhatikan perkembangan saham debutan Alibaba di pasar saham AS.

Bila saham Alibaba mencatatkan hasil yang baik, maka dapat dipastikan rencana IPO perusahaan asal China akan dilaksanakan. Mungkin saja, tahun depan kita akan melihat berbagai kode emiten perusahaan China bermunculan di layar Wall Street. Dan, hal ini dapat semakin bertambah di tahun-tahun berikutnya.

ipo alibaba, wall street, nilai tukar rupiah, perusahaan china, ekonomi

BACA JUGA:

Google Ambruk, Facebook Terpuruk, Wall Street Memburuk

Kombinasi Masalah Menjatuhkan Dollar AS

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *