Teropong Bisnis | Homepage
BKN Tidak Bertanggung Jawab dengan Isi Buku Tes CPNS di Pasaran

BKN Tidak Bertanggung Jawab dengan Isi Buku Tes CPNS di Pasaran

0 Comments 🕔15.Aug 2014

Kabar akan dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS mulai santer terdengar. Mungkin Anda adalah satu dari jutaan orang yang ingin pula lolos sebagai PNS. Berbagai cara dilakukan agar lolos ujian masuk termasuk mempelajari berbagai buku tes CPNS.

Pertanyaannya, apakah buku tes CPNS tersebut akurat sebagai bahan pelajaran Anda saat menghadapi ujian nanti? Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penerbit buku yang hanya mencantumkan nama Badan Kepegawaian Negara tanpa ijin secara resmi.

Tercatat setidaknya ada 7 judul buku tes CPNS yang menggunakan nama BKN walaupun pihak BKN tidak memberikan ijin apapun. Hal ini diungkapkan oleh Tumpak Hutabarat selaku Kepala Biro Human dan Protokol Badan Kepegawaian Negara.

Tumpak menegaskan bahwa pihak BKN tidak melakukan kerjasama dengan penerbit manapun terkait dengan buku latihan soal tes CPNS. Dengan keterangan ini maka bisa dipastikan jika ada penerbit yang menerbitkan buku latihan soal CPNS dengan menggunakan nama BKN, buku tersebut tidak akurat.

Selain itu, Tumpak juga memberikan pendapatnya mengenai buku latihan soal CPNS. Dirinya mengatakan bahwa buku latihan tes CPNS yang ada di pasaran tidak mewakili isi soal CPNS yang asli.

Hal ini berkaitan dengan aktivitas pemerintah yang selalu mengupdate bank soal tes CPNS. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah mengupdate bank soal dengan melibatkan konsorsium dari 10 perguruan tinggi. Keterangan ini juga menegaskan jika pihak BKN tidak akan bertanggung jawab dalam bentuk apapun dengan pencatutan pihaknya tersebut.

Lalu, bagaimana dengan Anda yang ingin melakukan latihan dan mempelajari soal-soal CPNS. Selain mempelajari buku tes CPNS, Anda disarankan untuk mengikuti simulasi tes CPNS. Simulasi ini resmi dan diselenggarakan oleh panitia seleksi nasional atau panselnas.

Simulasi tersebut memberikan Anda pengalaman mengerjakan soal CPNS menggunakan sistem terbaru yang dinamakan dengan computer assisted test atau sistem CAT. Rencananya, simulasi pelatihan pengerjaan soal CPNS dengan sistem CAT akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Agustus 2014 mendatang.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses simulasi tersebut secara online. Silakan mengakses dan mencari informasi terkait CAT pada situs resmi Kementrian PAN-RB dan BKN. Informasi simulasi sistem CAT juga bisa diakses melalui media partner resmi BKN.

Tumpak menambahkan bahwa sebaiknya calon pelamar CPNS mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mempelajari soal-soal yang disediakan oleh pemerintah termasuk untuk tes CPNS 2014 mendatang.

Pihak panselnas sendiri sudah menyiapkan bank soal paling baru untuk mendukung calon pelamar CPNS 2014. Semakin Anda berlatih maka Anda akan semakin terbiasa dan memahami kisi-kisi soal CPNS 2014 yang akan datang.

Semoga dengan adanya situs resmi serta bank soal resmi dari pemerintah peluang Anda untuk menjadi PNS menjadi lebih besar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

3.BKN Tidak Bertanggung Jawab dengan Isi Buku Tes CPNS di Pasaran2

Baca Juga :

Kesempatan Emas untuk Bekerja di 2 Kementrian Ini

Kementerian Keuangan: Kementerian Pemberi Gaji Tertinggi Pada PNS

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *