Teropong Bisnis | Homepage
Benarkah Rekening Nasabah Bank Mandiri Dibobol?

Benarkah Rekening Nasabah Bank Mandiri Dibobol?

0 Comments 🕔15.May 2014

PT Bank Mandiri TBK mengakui adanya nasabah yang kartu ATM (Automated Teller Machine) atau kartu debitnya dibobol mencapai angkar ribuan. Direktur Utama Mandiri, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan begaimana kronologi kejadian ini.

Menurut Budi, telah terjadi fraud dari ATM luar negeri di beberapa bank ternama yang mempunyai banyak nasabah yang menggunakan ATM, termasuk Mandiri,” ungkapnya seperti yang ditulis di akun twitternya @BudiGSadikin pada hari Rabu (14/5)

Menurut Budi, tindakan kriminal tersebut justru diketahui berkat informasi dari bank swasta lain yang mengatakan bahwa nasabah ATM di bank swasta tersebut telah di skimming dan ditarik dari Kanada hari Jumlat minggu lalu.

Selanjutnya pada hari Sabtu, pihak Mandiri melakukan analisis terhadap semua nasabah yang mereka miliki. “Dari analisis tersebut terindikasi sekitar 1.214 nasabah yang mungkin terkena” lanjut Budi.

Bila dihitung jumlahnya, kartu ATM yang diblokir jumlah tersebut relatif kecil. Pasalnya, pihak Mandiri menemukan ada enam mesin ATM yang diindikasi telah dipasangi alat skimmer. Setelah diperiksa ada lebih dari 10 ribu nasabah Mandiri yang pernah melakukan transaksi dari mesin ATM tersebut.

Untuk memastikan keamanan nasabah, pihak bank selanjutnya melakukan upaya pencegahan dengan melakukan pemblokiran. Mereka juga meminta nasabah yang kartu ATM yang sudah diblokir untuk mengganti kartu lamanya dengan kartu baru tanpa dikenakan biaya.

Menurut sang direktur, sudah ada ratusan nasabah dengan volume ratusan yang telah melakukan konfirmasi kepada Bank Mandiri sudah menjadi korban tindak kejahatan skimming. “Uang milik nasabah yang menjadi korban skim akan segera kami ganti dalam waktu 14 hari,” ujar Budi.

Sedikit informasi, saat ini total nasabah Mandiri telah mencapai 14 juta lebih. “Semua nasabah itu wajib dilayani dengan baik. Jika tidak bisa – bisa nanti lari ke toko di sebelah,” ucap Budi mengakhiri pembicaraan

Selain pemblokiran otomatis dari pihak Mandiri untuk nasabah yang terindikasi menjadi korban kejahatan skim, puluhan nasabah juga melakukan pemblokiran rekening. “Berita ini beredar mulut ke mulut karena ada rekan yang uangnya hilang. Untuk jalan amannya, saya ikut aja blokir di sini,” ucap nasabah Mandiri yang tidak ingin disebutkan namanya itu.

Pada hari Selasa (13/5) Nixon LP Napitulu selaku Corporate Secretary Bank Mandiri mengatakan demikian, “Terkait dengan berita yang tengah berkembang ini, kami perlu meluruskan bahwa tidak benar jika terjadi pembobolan dan hacking pembobolan dana.”

Menurut Nixon, berdasarkan info dari bank lain terkait upaya kejahatan perbankan, pihak perseoran langsung melakukan upaya pencegahan dengan memblokir rekening nasabah yang terindikasi. Tindakan tersebut dilakukan untuk melindungi kepentingan nasabah agar terhindar dari penyalahgunaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun jika melihat pertanyaan dari direktur Mandiri, sang direktur juga mengakui bahwa ada beberapa nasabah Mandiri yang juga menjadi korban dari tindak kejahatan ini.

Sumber:http://bisnis.liputan6.com/read/2049621/1412-rekening-nasabah-bank-mandiri-terindikasi-dibobol  http://bisnis.liputan6.com/read/2049621/1412-rekening-nasabah-bank-mandiri-terindikasi-dibobol

bank mandiri, perbankan, atm mandiri, mandiri kebobolan

BACA JUGA:

Panik, ATM Mandiri Terblokir Tiba-Tiba!

Akuisisi BTN Akhirnya Selesai Dengan Bank Mandiri Sebagai Pemenangnya

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *