Teropong Bisnis | Homepage
Bank Indonesia Menaikan Suku Bunga Hingga 6,5%

Bank Indonesia Menaikan Suku Bunga Hingga 6,5%

0 Comments 🕔13.Jul 2013

Bank Indonesia agaknya harus mempertimbangkan lagi kebijakan yang dilakukannya. Pasalnya BI sudah dua kali menaikan suku bunga acuan (BI Rate) sejak dua bulan yang lalu hingga saat ini. Banyak pakar ekonomi yang mengatakan bahwa ini bakal berbuntut dampak negarif yang panjang bagi struktur dan perkembangan ekonomi yang ada di Indonesia. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh Badan Analisis Keuangan Negara, tercatat bahwa BI rate saat ini tengah mengalami kenaikan dengan jumlah sebesar 6,5%. Jumlah ini merupakan jumlah yang sangat besar. Bahkan ini lebih parah dibandingkan jumlah suku bunga yang harus dibayarkan oleh para nasabah di bulan-bulan yang lalu. BI berdalih bahwa kebijakan menaikan suku bunga tersebut dilakukan karena beberapa alasan. Salah satunya adalah untuk menjaga stabilitas ekonomi yang ada di Negara Indonesia.

Bank-Indonesia-Menaikan-Suku-Bunga-Hingga-6,5-persen-1

Alasan Mengapa BI Rate Dinaikkan

Saat ini kenaikan BI Rate, menurut Anggota Komisi XI DPR, Arif Budimanta, dimaksudkan supaya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing tetap stabil, terutama terhadap dollar yang saat ini masih naik turun. Bahkan dengan naiknya suku bunga BI tersebut, hal ini memberikan solusi yang bagi Indonesia supaya tidak terhimpit oleh lonjakan inflasi. Ini akan terjadi jika suku bunga dari BI tidak dinaikkan. Selain itu kebijakan untuk menaikan harga BBM juga dirasa merupakan hal yang tepat karena ini berdampak cukup signifikan bagi perekonomian nasional yang ada di Negara ini. Salah satunya yang memperoleh keuntungan lebih besar adalah kegiatan yang dilakukan di sektor riil. Beliau memaparkan hal tersebut saat diwawancarai oleh beberapa media terkait masalah kenaikan BI Rate yang saat ini sedang diperbincangkan oleh banyak orang.

Kenaikan BI Rate Sejak Bulan Februari hingga Juli 2013

Jika dilihat sejak bulan Juni 2013 lalu, BI tercatat sudah menaikan suku bunganya dengan jumlah basis poin sebanyak 25. Ini berarti kenaikan yang terjadi adalah berjumlah 6 persen. Ini lebih tinggi dibandingkan kenaikan yang terjadi pada bulan Februari 2013 yang hanya 5,75% saja. Namun di bulan Juli ini, suku bunga malah naik lagi hingga berjumlah 6,5 persen. Agaknya Bank Indonesia juga sedang menghadapi permasalahan ekonomi sehingga membuat mereka memutuskan untuk menaikkan suku bunga ini. Kenaikan suku bunga juga dirasa memberatkan sekali bagi para pengusaha yang ada di sektor tertentu, bahkan ini menjadikan beberapa layanan perbankan melakukan proses yang disebut dengan Wait and See untuk memantau perkembangan kenaikan dari suku bunga bank BI ini. Mereka juga akan ikut menurunkan dan menaikkan suku bunga yang dimiliki supaya sektor perbankan bisa berjalan dengan seimbang. Dalam hal ini, Arif menduga bahwa telah terjadi permasalahan dalam sisi Capital Inflow yang menyebabkan suku bunga BI menjadi naik. Namun hal ini juga memberikan keuntungan yang mana nilai tukar rupiah menjadi makin menguat.

Bank-Indonesia-Menaikan-Suku-Bunga-Hingga-6,5-persen-3

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *