Teropong Bisnis | Homepage
Ayam Petelur Super Pembawa Keuntungan

Ayam Petelur Super Pembawa Keuntungan

0 Comments 🕔17.Aug 2014

Usaha ternak masih menawarkan peluang yang sangat menjanjikan saat ini. Hal ini dikarenakan hasil dari usaha bidang ini menjadi bahan dasar usaha kuliner. Dan, usaha kuliner sendiri adalah usaha abadi yang selalu dibutuhkan semua manusia. Karena hubungan ini pula, usaha ternak dapat menjadi pilihan, bila Anda ingin memulai usaha baru.

Salah satu usaha ternak yang cukup menjanjikan adalah usaha ayam petelur. Salah satu pengusaha di bidang ini, Asrori (22) merasakan keuntungan dari usahanya. Pria yang berasal dari Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban ini membudidayakan ayam petelur yang cukup unik. Ayam petelur miliknya mampu menghasilkan telur lebih banyak dari ayam petelur lainnya.

Bila pada umumnya ayam petelur hanya dapat bertelur 1 atau 2 kali dalam sehari, ayam petelur Asrori lebih dari itu. Dia mengatakan ayamnya mampu bertelur lebih dari 2 kali sehari. Penyebab keunikan ini adalah cara dia membudidayakan ayam petelur miliknya.

Asrori mengaku pakan menjadi salah satu rahasia keunikan ayam petelur miliknya. Dia memberikan dedak atau bekatul yang cicampur dengan jagung halus dan tumbuhan lainnya. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 kali sehari, dengan jarak dan takaran yang khusus. Hal ini dilakukan agar kebutuhan gizi ayamnya terpenuhi.

Selain itu, Asrori juga memberikan jamu sebagai suplemen tambahan untuk kebutuhan vitamin ayam-ayamnya. Untuk hal ini, dia menggunakan bekicot yang dihaluskan. Dia mencampurnya dengan dedak agar lendir yang terdapat dalam bekicot dapat hilang.

Awalnya, ayam petelur peliharannya tidak mau memakan suplemen tambahan yang diberikannya ini. Namun, setelah beberapa lama, ayam petelurnya akhirnya terbiasa.

Pemberian suplemen tambahan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan protein ayam petelur. Dan, protein adalah zat yang dibutuhkan dalam pembentukan telur. Bila kebutuhan protein ini terpenuhi, maka, proses pembentukan telur akan berlangsung cepat. Hal ini akan membuat ayam petelur mudah dan sering menghasilkan telur.

Asrori juga mengungkapkan pentingnya kebersihan kandang. Ulat atau kotoran yang membusuk akan menjadi pemicu terjadinya penyakit pada ayam. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi penarik hewan pengerat yang dapat mengganggu ayam petelurnya. Kondisi yang tidak bersih juga dapat membuat ayam petelur stress dan tidak dapat bertelur.

Asrori mengaku usaha ayam petelur miliknya ini dapat menghasilkan 2.000 hingga 3.500 telur setiap harinya. Dengan jumlah 1.000 ekor ayam, jumlah ini tergolong sangat banyak. Total telur yang dihasilkan perharinya ini mencapai 200 kg dan dijual dengan harga Rp. 18 ribu per kg.

Dari keterangan diatas, kita dapat melihat omzet yang didapat Asrori sangat besar. Asrori mengaku kebutuhan pakan perharinya mencapai Rp. 1 juta. Namun, setelah dipotong semua biaya, seperti, perawatan dan ayam petelur yang mati, keuntungan bersih dapat mencapai Rp. 60 juta per bulan. Tertarik?

Seorang peternak mengumpulkan telur di peternakan ayam petelur di Desa Plaosan, Magetan,

Baca Juga :

Meraup Untung Jutaan Rupiah dengan Bisnis Ternak Ayam Serama

4,3 Miliar Di Genggaman Melati, Hanya dari Bisnis Telur Ayam

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *