Teropong Bisnis | Homepage
8 Tips Sukses Mengajukan Permintaan Pinjaman Modal di Bank

8 Tips Sukses Mengajukan Permintaan Pinjaman Modal di Bank

🕔02.Oct 2013

Dalam bisnis, modal tidak diragukan lagi merupakan sesuatu yang sangat penting baik itu dalam bisnis kecil, menengah, ataupun bisnis berskala besar. Dengan adanya modal yang kokoh, sebuah bisnis akan dapat bertahan serta menjadi sukses dan masalah permodalan sendiri menjadi salah satu dari banyak faktor yang menyebabkan sulitnya sebuah bisnis berkembang. Itulah yang mendorong banyak orang untuk mengajukan permintaanpinjaman modal di Bank. Biar begitu, mengajukan permintaan pinjaman modal ke Bank sendiri bukanlah perkara mudah saat ini mengingat Bank tidak akan memberikan pinjaman modal kepada siapa saja yang tidak bisa memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Bank.

Sebelum memberikan pinjaman modal, Bank akan terlebih dahulu memperhatikan berbagai aspek seperti karakter, modal, kapasitas usaha, jaminan, serta kondisi usaha pihak yang mengajukan permintaan. Hal ini terbilang wajar mengingat Bank tentu tidak ingin menjadi sasaran tindak penipuan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengajukan permintaan pinjaman modal ke Bank, Anda harus tahu trik-trik mengajukan permintaan pinjaman agar permintaan Anda disetujui oleh Bank. Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda coba supaya permintaan pinjaman modal usaha ke Bank yang Anda ajukan disetujui oleh pihak Bank.

1.   Pentingnya Meyakinkan Pihak Bank

Ketika Anda mengajukan permintaan pinjaman modal usaha ke Bank, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meyakinkan pihak Bank mengenai tujuan Anda mengajukan permintaan tersebut. Salah satu alasan yang sangat mungkin diterima oleh Bank adalah membuka usaha dan tentu saja, itu bukan satu-satunya alasan yang bisa Anda gunakan untuk meminjam modal usaha di Bank.

2.   Jangan Hanya Berfokus pada Satu Bank

Jika Anda sungguh-sungguh ingin mengajukan permintaan pinjaman ke Bank, Anda tidak boleh berhenti di satu Bank saja. Ajukan permintaan pinjaman paling tidak ke empat Bank berbeda. Dengan begitu, ketika sebuah Bank menolak Anda, Anda tidak akan merasa kecewa karena masih ada kemungkingan Bank lain menerima permintaan pinjaman yang Anda ajukan.

3.   Pastikan Dokumen Anda Lengkap dan Rapi

Sebelum mengajukan permintaan pinjaman modal usaha ke Bank, Anda harus mempersiapkan berbagai berkas yang diperlukan dalam peminjaman modal di Bank seperti fotocopy proyeksi cash flow serta proyeksi laporan keuangan paling tidak untuk 3 tahun mulai dari sekarang. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa berkas-berkas tersebut tersusun rapi serta jelas sehingga pihak Bank tertarik. Sebisa mungkin, Anda harus menghindari penulisan dengan tangan mengingat hal tersebut terkesan kurang professional. Dengan begitu, pihak Bank pun akan semakin yakin dan kemungkinan besar mengabulkan permintaan pinjaman yang Anda ajukan.

2. 8 Tips Sukses Mengajukan Permintaan Pinjaman Modal di Bank2

4.   Pastikan Untuk Menyiapkan Jawaban yang Tepat

Saat Anda berhadapan dengan pihak Bank, Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan yang nantinya akan menentukan apakah pengajuan pinjaman Anda diterima atau tidak. Oleh karena itu, persiapkanlah jawaban yang tepat agar peluang Anda menjadi lebih besar. Pastikan untuk menunjukkan perencanaan bisnis yang hendak Anda mulai supaya pihak Bank merasa lebih yakin. Pertanyaan yang biasanya diajukan sendiri bisa seputar berapa banyak dana yang dibutuhkan, berapa lama Anda membutuhkannya, dan kapan Anda dapat mengembalikan pinjaman. Tugas Anda yaitu memberikan penjelasan mengenai penggunaan dana, keuntungan dalam jangka panjang, serta minim resiko.

5.   Pentingnya Menonjolkan Jiwa Bisnis dan dan Kepercayaan Diri Anda

Ketika Anda mengajukan permintaan pinjaman modal usaha ke Bank, Anda harus menunjukkan jiwa bisnis Anda serta menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi bertanggung jawab yang akan mengembalikan uang pinjaman apapun yang terjadi. Caranya yaitu dengan memberikan item-item promosi bisnis seperti artikel, brosur, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga harus terlihat percaya diri bahwa Anda pasti bisa sukses dengan menggunakan uang pinjaman dari Bank tersebut.

6.   Jangan Berlebihan dalam Mengisi Permohonan Pinjaman

Hal penting lain yang wajib Anda perhatikan ketika mengajukan permintaan pinjaman modal di Bank yaitu pentingnya memastikan diri untuk tidak berlebihan dalam mengajukan pinjaman. Untuk itu, Anda harus mengungkapkan tujuan Anda mengajukan permintaan pinjaman dengan alasan yang jujur. Jangan sampai Anda memberikan keterangan palsu mengingat Bank akan meninjau diri dan bisnis Anda sebelum member keputusan apakah permintaan pinjaman Anda diterima atau tidak.

7.   Pentingnya Mendiskusikan Resiko Bisnis

Keberhasilan dan kegagalan adalah hasil yang mungkin didapat dari sebuah bisnis dan Anda bisa saja mendapatkan salah satu diantara keduanya ketika menjalankan bisnis. Dalam hal ini, pihak bank ingin mengetahui cara Anda menyikapi keberhasilan maupun mengatasi kegagalan yang mungkin Anda alami saat Anda menjalankan bisnis Anda.

8.   Pastikan Untuk Tidak Terkesan Memaksa

Ketika mengajukan permintaan pinjaman modal usaha ke Bank, Anda juga harus sabar dan tidak terkesan memaksa. Bisa dipastikan Anda akan mendapatkan penolakan dari Bank jika Anda terkesan memaksa dalam mengajukan permintaan pinjaman. Akan lebih baik jika Anda focus melengkapi persyaratan yang diajukan supaya dana yang Anda butuhkan bisa cair lebih cepat. Singkat kata, jika Anda berniat untuk mengajukan permintaanpinjaman modal di Bank, ada berbagai hal penting yang wajib Anda perhatikan.

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah