Teropong Bisnis | Homepage
5 Trik Menciptakan Layanan Pelanggan Paling Memuaskan

5 Trik Menciptakan Layanan Pelanggan Paling Memuaskan

0 Comments 🕔17.Jun 2014

Pelanggan merupakan salah satu hal terpenting dalam bisnis Anda. Bila mereka puas, maka dapat dikatakan, bisnis Anda dapat berkembang dan sukses. Hal ini berlaku untuk semua aspek di dalam perusahaan Anda, termasuk layanan pelanggan.

Layanan pelanggan dapat dikatakan sebagai cara Anda mempresentasikan bisnis Anda kepada pelanggan. Bila Anda mampu memberikan layanan pelanggan yang baik, pelanggan akan puas dan setia dengan produk Anda. Dan, berikut beberapa cara untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan perusahaan Anda.

1. Ketulusan

Ketulusan dalam membantu masalah yang dihadapi pelanggan sangat dibutuhkan. Ketulusan dalam memberikan bantuan ini dapat meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan. Mereka akan merasa benar-benar tertolong dan terbantu. Dan hal ini akan memberikan dampak besar untuk perusahaan Anda.

Dampak dari hal yang terlihat sepele ini, mungkin tidak akan terlihat dalam waktu singkat. Tetapi, bila Anda amati dalam jangka waktu yang lama, akan ada dampak baik yang muncul. Mulai dari peningkatan penjualan, kesetiaan pelanggan dan lainya.

2. Pendengar yang Baik

Pastikan petugas layanan pelanggan Anda mampu fokus dan perhatian terhadap apa yang disampaikan pelanggan. Layanan pelanggan Anda harus mampu mendengarkan semua pujian, permintaan informasi, kritikan bahkan makian dari pelanggan, dengan baik.  Dengan demikian, layanan pelanggan Anda dapat menangkap inti kebutuhan pelanggan tersebut dan mampu memberikan solusinya.

layanan pelanggan, customer service, pelanggan setia, mempertahankan pelanggan, pelanggan

3. Puaskan Pelanggan

Berikan pelanggan layanan yang lebih dari yang mereka bayangkan. Hal ini akan dapat memuaskan mereka. Contohnya, saat mereka bertanya letak suatu produk, Anda tidak hanya harus memberikan informasi bagaimana cara menemukan produk tersebut. Anda juga dapat mengantarkan mereka untuk menemukan produk yang mereka cari.

4. Hadiah

Pemberian hadiah dapat menjadi cara untuk membuat pelanggan Anda puas. Hadiah ini menjadi penghargaan atas masukan yang pelanggan berikan kepada perusahaan Anda. Jangan hanya memberikan hadiah kepada pelanggan yang berkomentar baik saja. Berikan juga pada mereka yang memberikan kritik tajam bahkan menyampaikannya dengan kasar.

Cara ini tidak hanya dapat memuaskan pelanggan. Cara ini juga dapat memperkuat kesetiaan mereka terhadap produk atau layanan Anda.

5. Lakukan Lebih

Layanan pelanggan yang hebat adalah layanan yang mampu memberikan melebihi apa yang diharapkan oleh pelanggan. Contohnya, bila Anda berjanji akan mengirimkan produk Anda ke rumah pelanggan pada pukul 3 sore, dan Anda mampu mengirimkannya pada pukul 1 siang, maka lakukanlah. Pelanggan akan merasa sangat puas, karena mereka menerima produk yang mereka pesan lebih cepat dari yang dijanjikan.

Namun, ada hal penting yang harus Anda ingat disini. Anda tidak boleh menjanjikan sesuatu kepada pelanggan yang tidak dapat Anda penuhi. Jadi, diperlukan perencanaan matang pada layanan yang Anda berikan kepada pelanggan, sehingga mereka dapat terpuaskan dan mendapatkan apa yang dibutuhkan.

layanan pelanggan, customer service, pelanggan setia, mempertahankan pelanggan, pelanggan

BACA JUGA:

5 Kunci Penting, Membuat Usaha Anda Sukses

7 Jalan Masuk Ide Bisnis Hebat

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik

Jambu Biji Memberi Peluang Usaha yang Unik dan Menarik 0

Anda suka membeli jambu biji dan membuat jus jambu biji di rumah? Perlu Anda ketahui

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat

Gunakan 6 Jurus Ini untuk Membuat Peluang Usaha Online Anda Melesat 0

Peluang usaha online dapat dikatakan sangat menjanjikan saat ini, dimana internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia

Melirik Budidaya Tanaman Pir Di Indonesia 0

Buah pir memang cukup dikenal di kalangan masyarakat, apalagi mengingat kandungan nutrsi serta manfaatnya yang

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing

Manakah Jenis E-Commerce yang dapat Dimiliki Oleh Perusahaan Asing 0

Mengawali tahun 2016 ini, pemerintah akan segera mengeluarkan beberapa bentuk Daftar Negatif Investasi, yang salah

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *