Teropong Bisnis | Homepage
100 Ribu Dan Geplak Waluh, Kunci Sukses Ibu Nanik

100 Ribu Dan Geplak Waluh, Kunci Sukses Ibu Nanik

0 Comments 🕔08.Jan 2014

Bisnis makanan memang dapat dikatakan selalu mempunyai potensi sukses yang besar. Ibu Nanik adalah salah satunya.

Ibu Nanik memulai usahanya pada tahun 2003. Kala itu, dia membuat camilan, yaitu geplak dari buah waluh atau labu untuk sajian Lebaran. Rupanya, banyak tetangganya yang berkunjung menyukai geplak waluh ini.

Lalu, Ibu Nanik berusaha memanfaatkan karya kulinernya ini. Karena tempat tinggalnya, Semarang, merupakan penghasil waluh terbanyak, maka dia mencoba memanfaatkan hal tersebut.

Selain itu, waluh kala itu dihargai sangat murah. 1 kilogram waluh hanya berharga Rp. 200. Bila dibandingkan harga waluh saat ini, yang mencapai Rp. 700-Rp. 1.000 per kilogram bahkan dapat mencapai Rp. 2-3 ribu per kilogram, maka harga tersebut  terlalu murah. Ibu Nanik berusaha untuk menaikkan nilai waluh ini.

Akhirnya, dengan uang Rp. 100 ribu, dia membeli bahan baku yang dibutuhkan, seperti waluh, tepung terigu, kelapa, gula pasir dan lainnya. Alat yang digunakan juga alat-alat rumah tangga yang sudah dia punya.

Selain unik, Ibu Nanik memilih buah ini karena tahan lama. Menurutnya, buah waluh dapat bertahan selama setahun, bila tidak dibuka. Oleh karena itu, stok untuk bahan produksi makanannya selalu banyak.

geplak waluh, ibu nanik, pengusaha, usaha kuliner, bisnis

Biasanya, Ibu Nanik membeli langsung buah waluh dari petani. Dia biasanya mendapatkan 4 ton waluh dalam satu kali pembelian.

Usaha Ibu Nanik ini dinamakan “Geplak Waluh Bu Nanik”. Selain geplak, Ibu Nanik juga memproduksi banyak macam camilan, seperti pia, kuaci, egg roll, dodol waluh, sirup waluh, wingko waluh dan lainnya.

Usaha Ibu Nanik ini saat ini mempunyai enam orang pekerja. Ibu Nanik sendiri juga ikut serta dalam proses produksi. Hal ini juga dikarenakan proses produksi makanan geplak cukup mudah. Contohnya, untuk 15 kilogram geplak, proses produksi hanya membutuhkan waktu empat jam.

Harga yang dipasang untuk produk geplak waluh ini juga sangat terjangkau. Emping hanya Rp. 15 ribu per 250 gram, gelek 250 gram hanya Rp. 20 ribu, pia isi sepuluh butir Rp15 ribu, egg roll hanya Rp. 20 ribu, geplak dihargai Rp. 20 ribu, stik waluh Rp.15 ribu dan kuaci seharga Rp. 60 ribu per kg.

Ibu Nanik memang enggan mengungkapkan omzet yang diterimanya. Tetapi, bila dilihat dari Rp. 2,5 juta yang dia keluarkan untuk produksi dan 20-25 persen keuntungan, dia diperkirakan bisa mendapatkan keuntungan Rp. 18 juta.

Ibu Nanik mengatakan produknya ini sudah tersebar sampai keluar Semarang. Ada pelanggan yang berasal dari Palu, Jakarta, Yogyakarta, bahkan Taiwan, China, Belanda dan Filipina. Bahkan, ada orang Filipina yang magang di tempatnya.

Ibu Nanik menjual produknya ini disekitar rumahnya. Dia juga siap menerima pesanan, asal pembeli yang menanggung biaya pengiriman.

Anda dapat berkunjung ke RT 07/RW 01, Getasan, Kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah bila ingin mencoba produk geplak waluh Ibu Nanik ini. Atau, mengunjungi blog-nya di geplakwaluh.wordpress.com dan email di [email protected] .

geplak waluh, ibu nanik, pengusaha, usaha kuliner, bisnis

Similar Articles

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu

Setia Sama TIKI, Untungnya Buat Kamu 0

TIKI hadir di Indonesia sudah lebih dari 45 tahun, selama ini banyak sekali pelanggan TIKI

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *